Panduan Webmaster Tool Untuk Blogger – Search Console

Ikuti panduan Google Webmaster Tool untuk Blogger berikut, dan jadikan website Anda terlihat di seluruh dunia. Anda akan mendapat promosi gratis dengan keberhasilan optimasi mesin pencari internet. Mesin pencari akan merujuk pengguna internet ke halaman Anda. Siap untuk konversi maksimum.

webmaster tool untuk blogger
Panduian Webmaster Tool

Akan ada beberapa pokok dalam Panduan Google Webmaster Tool ini


Mendaftar layanan Webmaster  Tool Untuk Blogger

Membuat Properti Lengkap Di Webmaster Tool dan Verifikasi

Mengenal Fungsi-fungsi Fitur Dasar Webmaster Tool

Arti Dari Nilai-nilai Dalam Laporan Search Console

 

Mari kita memulai:

Mendaftar layanan Webmaster  Tool Untuk Blogger

 

Mudah saja pemilik akun Google untuk mendaftar ke layanan Webmaster tool

Silahakan akses halaman berikut:

 

Link di atas merujuk ke halaman versi berbahasa Indonesia untuk menyamakan tombol dan menu.

Langsung saja ambil pilihan mengaktifkan layanan (bisa klik login jika sudah tersedia/ sign up)

Ikuti saja beberapa tampilan yang tersedia dan layanan webmaster sudah Anda miliki dengan akun Google. Selanjutnya mulai membuat properti website.

Membuat Properti Lengkap Di Webmaster Tool dan Verifikasi

 

Silahkan klik tombol TAMBAHKAN PROPERTI

Pada sembulan yang muncul silahkan pastikan Anda melihat tulisan situs web. Di kolom yang tersedia silahkan isikan nama situs Anda. Contoh www.memokecil.com

Anda harus membuat properti untuk semua variasi alamat website Anda. Contoh variasi yang dimiliki oleh memokecil.com adalah sbb:

  1. http://www.memokecil.com/ versi dengan prefix w3 dasar
  1. https://www.memokecil.com/ versi dengan protokol aman untuk prefix w3
  1. http://memokecil.com/ versi tanpa prefix (root domain)
  1. https://memokecil.com/ versi tanpa prefix dengan protokol aman (root domain)

Menurut rujukan dalam OPTIMASI semua versi alamat yang digunakan website sebaiknya didaftarkan sebagai properti untuk hasil yang lebih akurat. Tidak semua website memiliki jumlah variasi empat, ini bergantung berapa banyak cara yang mungkin untuk website Anda diakses.

Google akan meminta verifikasi kepemilikan situs jika belum ada catatan pada Google bahwa Anda adalah pemilik website itu.

Verifikasi kepemilikan situs web. Ini adalah untuk membuktikan bahwa  situs web/ blog tersebut memang milik Anda atau Anda benar-benar berwenang untuk mengelolanya.

Akan ada pilihan untuk memverifikasi kepemilikan ini.

Opsi pertama adalah dengan melakukan uplad file ke root hosting atau bisa juga pilhan alternatif.

Alternatif tampaknya lebih mudah.

Silahkan pilih opsi meletakkan kode meta di head section. Anda akan diberi kode verifikasi untuk di pasang ke halaman website/ blog Anda. Kode harus ditempatkan di bagian atas.

<head>

Anda hanya perlu mencari tag head letakkan kode dari Google Webmaster Tool setelah kode itu. Dan Verifikasi.

 

 

Mengenal Fungsi-fungsi Fitur Dasar Webmaster Tool

Tentukan default untuk properti Anda

Satu website akan memiliki beberapa properti di Google Webmaster Tool. Untuk ini sangat penting untuk menentukan mana yang ingin terlihat dominan di search engine result page nanti. Apakah Anda memilih dengan prefix www atau tidak.

Ini mudah saja Anda dapat mengatur melalui link yang dikirimkan ke alamat Gmail. Akan ada pilihan untuk menentukan mana versi utama situs web/ blog Anda.

Hanya perlu menentukan ini satu untuk semua versi.

Tentukan bahasa dan penargetan lokasi

 

Masih melalui email yang Anda terima akan ada pilihan untuk mengaktifkan penargetan dan bahasa.

Sangat berfungsi untuk menetapkan kemana lokasi promosi situs Anda.

Anda bisa saja tidak menentukan lokasi dan bahasa situs. Ini akan membuat situs Anda mempunyai cakupan luas (internasional).

Namun bila kenyataannya website/ blog Anda memiliki konten yang bukan bahasa inggris untuk penargetan internasional akan ada efek samping. Yakni ketika orang yang tidak mengerti bahasa situs Anda berkunjung mereka akan membuat bounce rate meningkat.

Bounce rate adalah angka perbandingan yang terjadi akibat pengunjung banyak meninggalkan halaman web dengan cepat. Bounce rate menurunkan kredibiltas situs web. Jika situs dimonetize dengan iklan Google besar kemungkinan nilai BPK dan PPM-nya menjadi kecil.

Sebenarnya mesin pencari dapat mendeteksi bahasa situs setelah beberapa waktu berjalan. Namun mungkin terjadi kesalahan deteksi oleh ketika keyword yang terjaring oleh mesin pencari dalam bahasa berbeda di akibatkan penggunaan istilah asing di dalam artikel.

 

Anda juga perlu memasukkan sitemap/ peta situs

 

Anda bisa mengisikan sitemap untuk satu properti utama saja.  Bisa juga untuk semua properti jika memang memungkinkan.

Google Webmaster Tool dapat menerima Sitemap XML. Silahkan saja masukkan Atom XML untuk pengguna Blogger.

/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sitemap di atas sudah terbilang cukup lumayan untuk Blogger. Setidaknya untuk blog dengan jumlah posting di bawah 500.

atom.xml adalah lokasi sitemap anda.

redirect=false  akan mencegah pengalihan sekalipun feed Anda sudah di alihkan / dibakar ke pengelola feed.

start-index=1 Menentukan point awal pengiriman halaman.

max-result=500 nilai dapat di rubah. Namun ternyata akan percuma, karena berdasar informasi maksimum pencatatan hanya 500  jadi sekalipun dituliskan 99999 webmaster hanya mengambil hingga 500 halam saja.

Alternatif jika memiliki halaman post lebih dari 500 untuk dikirim ke Google.

Tambahkan sitemap kedua dengan penulisan berikut.

/atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

INFO:URL yang terkirim melalui model sitemap ini cukup banyak, hanya saja perbandingan untuk jumlah index terbilang kecil.

Untuk membantu agar jumlah halaman terindex maksimal, perlu melakukan fetch as Google kemudian minta pengindexan (request index).

Lakukan ini dengan hemat. Anda hanya dapat meminta maksimum index 500 halaman perbulan.

 

Sementara permintaan index halaman mendalam (beserta penelusuran lanjutan terhadap tautan di dalamnya) hanya 10 permintaan perbulan.

Kelompok Properti/ Grub

 

Dalam memudahkan management konsol webmaster Anda, silahkan buat grub untuk mengumpulkan semua properti yang merupakan satu website. Ini akan membantu sekali untuk menjadikan pekerjaan Anda lebih menyenangkan.

Khususnya nanti Anda akan mengurusi banyak website sekaligus.

Tambahkan properti-properti yang bersesuaian ke kelompoknya.

 

Arti Dari Nilai-nilai Dalam Laporan Search Console dan Ragam Fungsi Lain

 

Melalui konsol yang ada di webmaster Anda dapat memeriksa kondisi situs dalam penilaian mesin pencari Google. Baik mengenai keterlihatan situs, kesehatan situs ataupun menemukan saran-saran optimasi lanjutan.

Dasbor / Dasboard Webmaster Tool

Di sini dapat melihat summary/ cuplikan keadaan website Anda.

Pesan

Isi dari pesan ini akan di tembuskan ke email. Pada pesan  Anda akan mendapatkan laporan pemberitahuan maupun saran-saran terkait properti di Google Webmaster.

Selalu pantau kotak masuk Anda.

Tampilan penelusuran

Google Webmaster Tool memberikan Anda kendali terhadap bentuk / atau cara situs Anda di tampilkan di halaman pencari. Anda bisa melakukan permintaan untuk menghilangkan cara tampil yang tidak Anda sukai (jika tidak menguntungkan).

Tapi ini sangat jarang digunakan. Webmaster justru ingin situs miliknya tampil dengan semua fitur yang maksimum dari Google.

Lalu lintas / Traffic

Ini untuk mengendalikan dan memantau pengunjung Anda

Index

Index adalah untuk memantau dan memaksimalkan pencatatan situs Anda di Google. Dalam beragam versi.

Perayapan / Crawl

Ini merupakan pengendali robot. Anda bisa melihat apa saja yang sudah dijelajahi Google di halaman Anda. Menentukan mana yang sebaiknya tidak dijelajahi. Sekaligus Anda dapat melakukan pengujian dan analisa.

Keamanan

Ini aalah inspeksi untuk mengetahui penilaian Google  terhadap situs web Anda. Inspeksi mengenai keamanan. Google akan menutup situs-situs yang berbahaya bagi pengguna internet dari hasil penelusuran mereka.

Anda  harus memastikan bahwa tidak ada malware di halaman Anda melalui alat uji ini. Berharaplah tidak ada pemberitahuan.

Grafik Analisa GWT

Banyak yang bertanya tentang nilai yang ditunjukkan pada grafik tersebut.

Sederhananya nilai yang ditunjukkan di sana adalah mengenai kondisi situs di halaman mesin pencari

Anda dapat menganalisa kata kunci yang menampilkan situs Anda

Anda dapat menganalisa kata kunci yang menampilkan situs Anda, sekaligus melihat berapa kali halaman Anda tampil dengan kata kunci pencarian itu. Juga dapat melihat rata-rata posisi situs di mesin pencari.

Semakin sering situs Anda tampil di mesin pencari akan semakin baik, tampil dengan ragam jenis kata kunci juga sangat baik. Dan paling baik jika nilai klik terhadap tampil juga besar.

Artinya untuk ini. Situs Anda berhasil menarik pengunjung. Jika tidak saatnya untuk memaksimalkan meta deskripsi dan judul.

 

Anda juga dapat menganalisa mana halaman yang paling banyak di kunjungi

Anda juga dapat menganalisa mana halaman yang paling banyak di kunjungi untuk mengetahui halaman situs mana yang memiliki potensi. Berdasar informasi ini Anda dapat membuat konten baru dengan rujukan trend naik yang lebih tepat.

Mengetahui halaman mana yang sering mendapat posisi bagus di mesin pencari

Mengetahui halaman mana yang sering mendapat posisi bagus di mesin pencari, akan membantu dalam menentukan pembaruan yang baik untuk perkembangan situs.

 

Analisa tentang pengguna

Anda dapat mengalisa tentang pengguna / pengunjung situs Anda. Ini baik sekali untuk mencari cara pemaksimalan yang sesuai.

***

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari GWT tentu akan membutuhkan waktu dan tidak instan. Penggunaan GWT hingga mahir dan benar-benar dapat meningkatkan trafik adalah proses pembelajaran, analisa dan pengujian berkelanjutan.

Google Webmaster Tool sangat baik untuk dipadukan dengan Google Analytic, sekaligus melakukan pengaitan properti dengan Analytic.

Untuk pertanyaan mengenai :: Panduan Google Webmaster Tool Untuk Blogger :: silahkan tinggalkan jejak jemari pada kolom di bawah.[mk | end]

 



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




2 Balasan kepada “Panduan Webmaster Tool Untuk Blogger – Search Console”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *