Hal Penting Sebelum publikasi Posting Blog

Berikut adalah hal penting sebelum publikasi posting blog. Artikel dalam lingkup SEO untuk postingan blog kali ini adalah bagaimana mengupayakan hasil maksimal dari tiap postingan yang dipublikasikan.

penting sebelum publikasi posting blog

Beberapa pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengurangi kesalahan dalam postingan blog, dan membuat posting yang dipulikasikan lebih bernilai. Bernilai baik untuk  robot mesin pencari internet maupun user.

Hal penting untuk diperiksa sebelum publikasi posting blog adalah sebagai berikut. Click To Tweet

Periksa judul sebelum publikasi posting blog

Judul Pemegang peranan penting. Kita mungkin telah memilih judul yang baik, namun tidak ada salahnya pertimbangkan kembali judul untuk posting yang akan dipublikasikan.

Pastikan judul menarik

Hi, judul akan memancing orang untuk melihat postingan. Dan ketahuilah calon pengunjung blog akan disuguhi dengan banyak judul lainnya. Mereka menggunakan waktu yang singkat untuk memutuskan mana yang akan dikunjungi.

Pastikan sekali lagi judul postingan Anda bersaing dengan judul postingan blog lainnya. Tidak penting seberapa hebat yang Anda miliki, orang-orang lebih mudah tertarik dengan sesuatu yang sedikit berbeda dari lainnya. Mamfaatkan ini dan dapatkan kunjungan.

Bermainlah dengan minat dan apa yang diinginkan pengguna internet.

Pastikan judul tampil dengan baik

Judul untuk SEO tidak dapat terlalu panjang. Lihat pada laman hasil pencarian Google dan juga batasan windows title perangkat  (baik komputer PC maupun ponsel pintar). Disana akan jelas terlihat sesuatu yang buruk ketika postingan Anda memiliki judul lebih dari 60 karakter.

Batas maksimum jumlah karakter judul untuk SEO title adalah 60 karakter. Perlu diketahui batas maksimum itu adalah total panjang judul halaman, bukan hanya judul posting.

Disain template atau tema yang dimiliki blog mungkin telah merancang judul halaman dengan cara tertentu. Seperti menambahkan judul posting dengan nama blog, dan adanya separator di antara mereka. Judul akan menjadi lebih panjang dari jumlah karakter judul post dengan penambahan itu.

Dan pastikan tidak melebihi 60 karakter. Ini diambil dari saran yang diberikan plugin SEO. Prioritas untuk ini disebutkan dalam prioritas tinggi, penting.

Periksa penggunaan meta deskripsi sebelum dipublish

Meta deskripsi ini penting untuk ditinjau ulang. Pastikan setiap postingan memiliki meta deskripsi, tetapkan yang terbaik.

Meta deskripsi adalah elemen yang akan menjadi perayu selanjutnya setelah judul. Dia akan memperkuat judul dan membuat pencari informasi lebih tertarik ke posting yang kita miliki diantara banyak pesaing lainnya.

Selain untuk merayu pengunjung dengan kalimat pendek yang menarik ia juga akan membantu optimalnya sebuah post di masin pencari. Dan juga untuk meta deskripsi selain mesin pencari, media sosial juga akan menggunakannya sebagai snippet.

Pastikan selain menarik meta deskripsi juga tidak melebihi batas maksimum keterlihatannya. 160 Karakter. Jangan membuatnya lebih panjang dari itu.

Perhatikan pemaksimalan gambar dan keamanannya sebelum publikasi

Jangan lupakan pemaksimalan gambar sebelum publikasi posting blog. Gunakan ukuran yang tepat dan pastikan tag alternatif terpasang dengan baik. Tag alt akan berperan besar untuk gambar. Dan pastikan juga ukuran gambar cukup baik untuk dibagikan di media sosial.

Anda juga dapat melihat bahasan khusus tentang Bagaimana Gambar Menunjang Optimasi Artikel.

Selain untuk pemaksimalan. Pastikan juga kesehatan blog ketika menggunakan gambar dari sumber lain. Jangan lupa menempatkan credit untuk gambar jika ia merupakan gambar berhak cipta dengan lisensi tertentu.

Dan jangan gunakan gambar yang memungkinkan blog Anda dilaporkan. Waspada DMCA dan perlindungan konten lain bisa berakibat buruk saat blog yang susah payah dibangun terkena sangsi dari banyak mesin pencari.

Perhatikan penataan struktur website

Jangan lupa memberikan kategori, label, tag atau jenis pengelompokan lainnya. Pastikan dia tepat. Setiap post harus termasuk dalam pengelompokan yang tepat. Setidaknya gunakan satu cara pengelompokan agar struktur website menjadi jelas dan membuat nyaman pengguna.

Sekaligus membuat mesin pencari mengerti ‘tentang apa’ website Anda dan bagaimana alur navigasinya.

Cek kembali heading dan pemformatan lainnya

Sembari memeriksa ulang sebelum publikasi posting blog, perhatikan pemformatan.  Sudahkan heading H1, H2, H3 dan lainnya tepat dan membuat nyaman saat membaca.

Juga ketika anda menggunakan pemformatan lain seperti list, penebalan (strong font) garis miring (italic) dan underline juga lainnya.

Periksa link dalam postingan sebelum publikasi posting blog

Link atau tautan dalam post akan berperan banyak. Namun pastikan tidak ada kesalahan disini.

Penggunaan internal link

Pastikan penggunaan internal link meningkatkan optimasi terhadap struktur blog. Setiap tautan mesti dalam rel dofollow. Berikan setidaknya dua link menuju halaman post lainnya yang relevan.

Penggunaan external link

External link yang juga disebut outbound link menuju situs lain yang relevan akan membantu peningkatan kepercayaan terhadap post yang dibuat.

Hal penting untuk outbound link memberikan link keluar hanya kepada situs yang relevan dan aman, hati-hati dengan link d*wnl*ad .

Link harus diberikan rel nofollow agar tidak merusak SEO. Kecuali untuk ahli yang sengaja melakukan dofollow untuk tujuan tertentu. Dan jangan sampai pengunjung meninggalkan Blog Anda karena external link. Berikan di tag target_blank’ agar terbuka di tab baru.

Cek pemaksimalan keyword

Sudahkan keyword yang Anda targetkan menjadi focus keyword? Jangan lupakan fokus keyword harus tersebar dalam post.

Fokus keyword sudah ada dalam judul, meta deskripsi, paragraf pertama, salah satu atau beberapa heading.

Sebelum publikasi posting blog lihat juga relasi keyword sudahkah tersebar dengan baik. Kita tidak dapat mengabaikan jumlah kata kunci dalam posting artikel, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Dan untuk mendapatkan post  artikel terjaring dengan kata kunci yang diinginkan ia perlu di perkuat dengan relasi kata kunci.

Silakan juga lihat artikel tentang menulis konten blog lainnya:

Penerapan SEO dalam menulis artikel dan Dasar! Bagaimana menulis blog

Ambil kesempatan dari pembaca yang tertarik

Jangan lupakan ini jika Anda ingin memamfaatkan kesempatan dari pembaca yang telah sampai kebagian bawah postingan Anda.

Dalam perhitungan, beberapa persen dari mereka yang menikmati dengan serius posting blog hingga akhir sudah memberi kepercayaan dengan apa yang mereka lihat di halaman blog tersebut.

Mereka berpotensi untuk menerima apa yang Anda tawarkan.

Seperti:

  1. Ajak pengunjung blog untuk berkomentar dengan sebuah kata bujukan yang menarik.
  2. Ajak pengunjung blog melakukan klik pada link afiliasi Anda.
  3. Posisikan iklan dengan tampilan jelas.
  4. Ajak mereka menjadi subcriber /pelanggan di blog Anda.
  5. Juga sangat mungkin Anda untuk menawarkan produk dan jasa yang relevan dengan postingan blog di bagian akhir.

Tapi disini kata bujukan sangat penting, Anda tidak dapat menyuruh atau memerintah pengunjung blog untuk melakukan yang diinginkan. Disini lebih tepatnya menawarkan atau mengajak.

 

***

Kita sampai di akhir tulisan kali ini. Semoga saja artikel kali ini bisa memberikan mamfaat. Silahkan berkomentar untuk sesuatu yang ingin ditanyakan.  Dan jangan lupa sebelum publikasi posting blog luangkan waktu untuk melihat tampilan preview, setelah semuanya dirasa O.K kita akan merasa nyaman menekan tombol publish.



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




2 Balasan kepada “Hal Penting Sebelum publikasi Posting Blog”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *