FYI – Penting Sebelum Mendaftar Adsense

Anda telah membangun sebuah website, dan ingin monetize? Silahkan ikuti dulu catatan kami berikut untuk mengetahui hal penting yang harus diketahui sebelum mendaftar Adsense.

Sebelum mendaftar adsense
Ilustrasi Penghasilan Adpublisher

Yup, Adsense memang satu jaringan periklanan yang terbukti membayar. Selain itu website yang berhasil meluluskan akun pemiliknya sebagai publisher bisa dibilang website yang sudah cukup mapan karena lolos verifikasi untuk monetize periklanan Google.

Ini juga untuk menghindari rekan-rekan kami dari keterlibatan jual beli akun, sudah banyak yang mendapat masalah dengan jual belli akun. Seperti penjual menipu dengan mengambil paksa akun yang sudah dijualnya dan menjual ulang kepada yang lain.

Jangan berharap mendapatkan perlindungan hukum dalam jual beli akun, karena Anda sedang tidak menjalankan bisnis normal dan itu merupakan pelanggaran dari ketentuan komunitas. Resiko jual beli akun adalah resiko tanggungan Sendiri.

Waspada dan selalu ikuti update dari kami.
 

Info:
Anda juga dapat melihat catatan lain yang sudah kami publikasikan di memokecil dot com.

 

Kita masuk point pertama…

1.     Jangan salah mengambil rujukan dan pedoman Sebelum mendaftar Adsense

 

Banyak sekali webmaster yang terkecoh ketika membandingkan website miliknya dengan website lain yang telah menayangkan iklan dari jaringan periklanan Adsense. Apakah Anda salah satunya?

Mungkin Anda pernah memiliki pertanyaan ini:

“Konten web blog saya tidak jauh beda dengan milik  Anda, bahkan sepertinya website saya lebih berbobot. Kenapa Anda berhasil menayangkan iklan dari Adsense sementara pengajuan saya menjadi publisher Adsense ditolak?”

Ini sebenarnya sederhana sekali. Karena Anda tidak akan tahu pasti website mana yang diajukan publisher lain untuk ditinjau ketika bergabung Adsense. Bisa jadi penayang itu memiliki beberapa website dan salah satunya sesuai dengan syarat pengajuan sebagai penayang iklan.

Dalam hal lain bukan tidak mungkin juga si penayang iklan tersebut melakukan kecurangan dengan jual beli akun maupun trik-trik lainnya.

Untuk hal ini Anda perlu mengetahui lebih dulu kebijakan Google Adsense untuk jenis konten yang sesuai.

Click to open: Lihat kebijakan layanan dari situs resmi

Setelah berhasil menjadi penayang iklan/ lulus peninjauan dengan suatu website seorang penayang iklan dapat cukup leluasa menempatkan kode iklan pada situs lain yang dikelolanya. Atau situs lain yang menjalin kerja sama dengannya.

 

2.     Pastikan konten Anda sesuai untuk pengajuan sebagai penayang iklan Sebelum mendaftar Adsense

 

Umumnya seseorang ketika ingin mendaftar pada suatu layanan hanya mengisi formulir dan melakukan submit. Sangat jarang yang meluangkan waktu untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan layanan. Juga seolah terlalu sibuk untuk membaca beberapa petunjuk penting yang telah disediakan.

Hal ini yang sebenarnya menyita waktu. Pengajuan akan butuh waktu beberapa hari untuk mendapat balasan, diterima atau ditolak. Ketika akhirnya ditolak, reflek yang dilakukan adalah mengambil langkah pengajuan ulang. Begitu seterusnya.

Dalam surat penolakan yang diterima memang tidak dicantumkan mana hal yang diperbaiki secara langsung. Namun secara jelas itu adalah informasi bahwa seharusnya calon penayang melakukan perbaikan-perbaikan agar website miliknya menjadi sesuai.

Paling baik sebelum mendaftar Adsense adalah meluangkan waktu lebih lama untuk mempelajari langsung dari halaman Adsense terkait layanan mereka. Agar lebih mengerti dalam penyesuaiannya.

 

3.     Jangan terburu-buru, trafik dulu sebelum mendaftar adsense

 

Webmaster terlalu berambisi ingin segera memonetize website miliknya. Padahal itu bukanlah langkah prioritas utama.

Sekalipun benar website ditujukan sebagai sumber penghasilan nantinya, namun sebaiknya jangan terlalu terburu-buru segera menghasilkan. Ini akan menjadi proses panjang untuk website sebagai sumber penghasilan. Baik itu jenis blog bahkan toko online sekalipun.

Tidak ada yang serta merta menghasilkan dengan mudah. Click To Tweet

Jika ada yang menyatakan bahwa untuk mendaftar Adsense bisa dengan website bertrafik rendah maka itu boleh saja dipercaya. Tapi tanpa adanya trafik yang besar penghasilan di akun Adsense tetap tidak akan bergerak. Intinya tetap tanpa hasil.

Ada istilah ratio tampil dan klik. Ini adalah perbandingan antara jumlah tampil dan klik. Untuk website berbahasa Indonesia sangat kecil. Sekalipun website Anda menyajikan konten yang memberi mamfaat tetap saja nilai perbandingannya kecil. Belum lagi pengguna internet yang telah memasang pemblokiran iklan.

Katakanlah website Anda tayang 500 kali/ hari lalu yang melakukan klik hanya 10 orang, Anda mungkin baru menghasilkan uang untuk membeli sofdrink. Bisa saja masih kurang.

Jadi memang bukan hal penting untuk menayangkan iklan ditahap awal, apalagi website dalam tahap development. Hal baik adalah fokus mengembangkan website, optimasi dan terus optimasi. Dapatkan hati pengunjung dan kemajuan SEO.

 

4.     Jangan menayangkan iklan lain pada website yang sedang diajukan ke Adsense

 

Adsense berpegang pada kenyamanan pengguna. Sementara kebanyakan iklan dari jaringan periklanan selain Adsense menerapkan sistem yang berlawanan. Seperti iklan jenis pop-up yang sulit dikendalikan, pop-under dan jenis lain yang sangat mengganggu pengunjung, bahkan merugikan.

Keberadaan jenis iklan dari sumber lain yang mengganggu dan memperlambat situs web akan sulit disetujui. Google Adsense menginginkan iklan dari jaringan mereka tayang pada situs yang disenangi pengunjung. Beberapa tahun yang lalu, demi menjaga kenyamanan pengguna, bahkan Google Adsense menetapkan batasan jumlah iklan mereka yang boleh ditayangkan dalam satu halaman.

Iklan lain di situs website Anda dapat menjadi penghalang mendaftar Adsense karena pengkodean iklan yang diberikan layanan periklanan lain bisa dianggap script jahat untuk website.

 

5.     Layout yang over weight hindari sebelum mendaftar adsense

 

Info:
Anda juga dapat melihat catatan lain yang sudah kami publikasikan di Memokecil dot com.

 

 

Website yang akan diajukan untuk peninjauan Adsense pastikan mudah dan ringan diakses. Baik sekali jika ukuran rata-rata halaman yang berisi artikel bisa jauh lebih kecil dari 1000kb.

Website yang ringan dan mudah diakses memberi peluang lebih besar untuk diterima Adsense.

Kebanyakan webmaster ingin menampilkan suatu tatanan disain yang menarik dari perwajahan website miliknya. Itu sangat wajar, namun khusus untuk website yang akan digunakan pada pengajuan ke Adsense lupakan sejenak tentang selera pribadi.

Gunakan Layout (template Blogger/ theme WordPress) yang sederhana, clean dan mudah diakses sekalipun pada jaringan buruk. Akan ada kesempatan untuk menampilkan yang berbeda pada website Anda yang lain maupun melakukan perubahan kemudian hari.

Tambahan lain untuk layout ini adalah mengenai layout non-official yang memiliki kode terenkripsi. Pada kode terenkripsi tidak bisa serta merta kita terjemahkan perilaku apa yang akan dijalankan saat code tersebut dimuat pada browser, bukan tidak mungkin nanti bisa diartikan konten malware. Ini akan sangat buruk.

 

6.     Pastikan konten bukan terlarang bagi publisher Adsense

 

Dalam pernyataan ketentuannya Adsense menjelaskan jenis konten yang terlarang bagi penerbit iklan. Dan jenis yang terbaca di ketentuan Adsense jangan dibatasi secara kaku, namun perlu diperluas.

Selama masih ada hubungan atau kaitan dekat sebaiknya hindari. Seperti konten yang mengandung kata terkait download, hacking, pornografi, berhubungan dengan rokok, miras, narkotik dan lainnya. Walau di dalam konten itu Anda sedang menjelaskan hal sebaliknya seperti menjelaskan sisi buruk narkoba dan jenis-jenisnya dalam rangka edukasi.

Alasannya seperti ini. Konten Anda bukan tidak mungkin akan diseleksi dulu menggunakan mesin berdasar penyaringan kata. Jadi sekalipun Anda membahas bahaya narkoba tapi tetap konten Anda dianggap berhubungan dengan narkoba dan dieleminasi dari awal.

Topik-topik yang sensitif sebaiknya dihindari. Karena kita tidak tahu, seperti suatu kejadian, nama tokoh dan nama daerah tempat suatu kejadian sedang dimasukkan ke dalam penyaringan. Sekalipun Anda membahas untuk sisi positifnya. Mesin bisa menerapkan logika matematis tapi tidak penalaran dan penjabaran maksud. Website Anda bisa disamaratakan.

 

7.     Lengkapi elemen-elemen pendukung website

 

Ini mungkin tidak sepenuhnya mendukung. Tidak pula dikatakan wajib harus ada sebelum mendaftar Adsense.

Namun bukan tidak mungkin formalitas ini menjadi faktor yang berperan.

Elemen website seperti About Me, dan Kontak Me secara standar baik untuk ada di sebuah website. Tidak ada salahnya Anda gunakan ini.

 

8.     Jangan gunakan konten duplikasi

 

Ini harus dihindari. Jangan gunakan hasil copy-paste. Jika saja Anda melakukan Copy-paste dari situs yang dilindungi DMCA dan mempublikasikannya sebagai konten Anda, besar kemungkinan akan cepat terdeteksi.

Dan secara aturan juga sebaiknya copy-paste karya orang lain harus ditinggalkan. Hal itu bisa merugikan pihak lain secara langsung.

Duplikasi juga bisa terjadi bila konten Anda adalah sesuatu yang absolut dan tidak bisa dirubah.

Sebagai contoh:

Isi dari kitab suci. Anda sebaiknya jangan mengajukan website dengan konten yang banyak berisikan isi dari kitab suci. Karena isi dari kitab suci tidak patut dimodifikasi, besar kemungkinan website lain telah menggunakannya di situs mereka. Sebaiknya gunakan website selain agama untuk penghasilan.

Lirik lagu. Anda mungkin saja membuat konten yang berupa lirik lagu. Namun untuk jenis ini besar kemungkinan ada kesamaan dengan website lain yang telah lebih dulu sebelum Anda. Lirik lagu juga tidak akurat lagi bila dirubah. Alternatifnya adalah gunakan Website lain untuk peninjauan sekalipun nanti Anda memasangkan iklan di situs lirik lagu.

 

9.     Website sudah terindeks dengan baik sebelum mendaftar Adsense

 

Terindeks dengan baik di Google akan mendukung website Anda diterima sebagai penayang iklan. Sebelum mendaftar adsense akan lebih baik bila didahului dengan memaksimalkan keterlihatan situs dengan GWT search console dan verifilkasi Google Analytic.

Terindeks dengan baik artinya data situs Anda sudah ada di sistem Google, termasuk data perilaku pengguna situs. Bila ternyata rekaman situs Anda memiliki nilai pantulan (Bounce Rate) tidak tinggi, besar kemungkinan Anda cepat diterima. Konten situs Anda layak dipercaya.

Lainnya berdasar jumlah artikel yang terindeks dan posisinya. Untuk konten bernas yang memiliki banyak saingan mungkin Anda akan lebih kesulitan dibanding tulisan ringan dengan sedikit persaingan, karena Anda mudah tampil di urutan teratas. Sekalipun value pencarian tidak bernilai besar.

Untuk ini Anda perlu analisa kompatitor dan mempertimbangkan valuenya.

 

10. Batasi dulu promosi yang mendekati spam sebelum mendaftar Adsense

 

Tentunya website harus dipromosikan dengan gencar, namun cara promosi yang berlebihan khususnya dengan tool otomatisasi bisa berdampak tidak baik untuk proses verifikasi.

Jika sebelumnya Anda menggunakan ritme yang tinggi untuk share link di sosmed maka sebelum mendaftar Adsense membatasi ini akan berdampak baik. Namun promosi mesti tetap, hanya harus lebih main cantik.

 

11. Pastikan akun yang terkait website dalam keadaan baik dan bersih

 

Jika perlu jangan login di akun Google atau perangkat yang berkemungkinan mendeteksi perilaku Anda untuk mengakses hal-hal yang bisa membuat akun Anda ditandai.

Perlu diketahui: sistem mencatat aktifitas Anda ketika Anda login, situs apa yang sering Anda buka, preferensi penelusuran Anda. Jaminan untuk merahasiakan akun Anda memang telah dijelaskan, namun untuk memastikan penerbit iklan yang sehat sumber daya data tersebut bisa digunakan Google.

Selain akun Google, untuk email dan hosting juga cache dan histori browser Anda dapat menjadi pengaruh.  Bila terdeteksi Anda memiliki kebiasaan penggunaan cara nakal kemungkinan Anda ditolak sekalipun isi website Anda layak.

Domain dan hosting yang diperjual belikan dengan murah oleh penjual individu bisa beresiko. Mungkin domain dan IP hosting telah mendapat cap buruk.

Masih lebih baik mencari layanan gratis dari perusahaan besar ternama ketimbang harga murah dari penyedia layanan yang tidak jelas. Walau tidak sepenuhnya kemungkinan ini terjadi, namun berhati-hati dalam memilih akan lebih baik, agar Anda tidak melanjutkan layanan yang pernah digunakan oleh spammer.

 

*** Untuk kali ini cukup sekian dulu, bila memiliki pendapat lain atau tambahan Anda dipersilahkan mengisikannya pada kolom komentar di bawah.

 

 



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




2 Balasan kepada “FYI – Penting Sebelum Mendaftar Adsense”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *