Dasar Optimasi Mesin Pencari – Catatan Lengkap

Mengulas dasar SEO untuk pemula. Optimasi mesin pencari sebagai upaya memaksimalkan fungsi mesin pencari internet, diharapkan nanti dapat dilaksanakan dengan cara semestinya. Cara SEO yang benar dan membuat website berkembang pesat.

optimasi mesin pencari

Kami akan uraikan pembahasan optimasi mesin pencari ini secara lengkap dan ditata khusus bagi pengguna awam.

  • Apakah Anda baru membangun website?
  • Ataukah Anda akan mulai membuat blog?
  • Berkeinginan memiliki toko online?

maka…

Ketahui fungsi dan cara memaksimalkan mesin pencari agar situs apapun yang akan Anda kembangkan mencapai penyebaran maksimum.

Datangkan pengunjung situs sebanyak mungkin, sebagaimana yang ditargetkan. Selanjutnya… Anda akan dapat mengkonversi atau merubah pengunjung untuk berbagai kepentingan yang menguntungkan bagi Anda. Apapun, bisa.

Idaman seorang webmaster adalah mendapatkan posisi puncak untuk kata kunci pencarian yang banyak digunakan pengguna internet. Ini adalah rangking sebuah situs web. Keberadaan di halaman mesin pencari akan mengalirkan pengunjung website secara otomatis. Organic visitor.

Barangkali Anda pernah mengetahui Tool SEO, berupa program aplikasi, layanan berbasis web atau beragam bentuk lainnya, sedikitpun tidak akan memberi efek baik kepada situs web jika penggunanya belum mempunyai dasar SEO.

Seringkali yang muncul adalah kesalahan optimasi mesin pencari, dan berdampak buruk bagi perkembangan website.

***

Berikut adalah yang akan kita bahas kali ini.

*Jangan lupa bookmark halaman kami agar mudah diakses di lain waktu

  1. Kapan Seo Harus Diterapkan
  2. Sinergi Mesin Pencari Dan Web Master
  3. Legitimacy Search Engine Optimization
    1. Permulaan
    2. Manipulasi
    3. Kategori
      1. White Hat
      2. Black Hat
  4. Ruang Lingkup Seo
    1. Onpage
      1. Meta tag Mesin Pencari
      2. Struktur Html
      3. Kelayakan Konten
      4. Fokus Konten
      5. Keakuratan Data
      6. Kenyamanan Pengguna
    2. Offpage
      1. Submit Ke Mesin Pencari
      2. Membangun Backlink
  5. Penunjang Optimasi
    1. Strategi Dalam Optimasi Mesin Pencari
    2. Membangun Reputasi Di Media Sosial
    3. Tool dan Layanan Pendukung

Kapan Seo Harus Diterapkan

Optimasi untuk mesin pencari sebenarnya perlu diterapkan kepada semua jenis website. Namun tidak semua jenis website atau pula berdasar jenis konten yang dimilikinya berharap banyak pada optimasi mesin pencari.

Beberapa jenis website bisa saja lebih berkembang dan mendapat penyebaran maksimum dengan cara lain. SEO diperuntukkan bagi situs web yang memiliki konten dengan pencarian yang cukup besar di mesin pencari.

  • Apabila website Anda berupa portal organisasi yang ditujukan hanya sebagai sarana berbagi informasi secara internal maka lupakan SEO.
  • Anda menjalankan blog pribadi dan mengisinya seperti sebuah diari online terbuka? Maka besar kemungkinan melakukan promosi media sosial yang akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dibanding SEO.
  • Memiliki web fiksi berbahasa Indonesia, atau karya sastra lain di dalamnya? Pencarian untuk ini kecil di internet. Media sosial dan iklan berbayar tentu lebih memberi hasil maksimal dibandingkan SEO.

Sinergi Mesin Pencari Dan WebMaster

Memberikan hasil pencarian yang paling relevan dengan memahami apa yang dicari pengguna internet adalah hal yang dilakukan penyedia mesin pencari.

Di lain sisi, pemilik situs web memiliki keinginan untuk menampilkan situs web mereka di posisi teratas pada hasil pencarian.

Satu kesamaan dari keduanya adalah guna mendapatkan pelanggan.

Sinergi dapat terjalin dan saling memberi dampak positif bagi mesin pencari dan sebuah situs web… apabila mereka sama-sama mampu memberi apa yang diinginkan kebanyakan pengguna internet.

Mesin pencari merujuk penggunanya kepada suatu situs web sesuai kata kunci pencarian, dan situs web yang dirujuk tersebut benar-benar menyediakan apa yang dicari oleh pengguna.

Mesin pencari akan membutuhkan situs web yang memiliki konten, produk maupun layanan yang terbaik dan terpercaya untuk ditampilkan di posisi teratas.

Dalam hal ini penyedia mesin pencari akan membantu pemilik situs agar mampu mengembangkan situs mereka. Mesin pencari menggelar even, dokumentasi dan menyediakan tool konsolidasi web maupun perangkat analisa bagi pengembang situs.

Pemilik situs web pemula yang hendak melakukan optimasi mesin pencari sangat baik menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh masing-masing penyedia mesin pencari.

Selain itu mengikuti sumber informasi resmi dari penyedia mesin pencari akan memberikan referensi yang tepat dibanding mengadopsi metode optimasi tingkat tinggi tanpa memahami cara kerja sesungguhnya.

Legitimacy Search Engine Optimization

Sejak lama upaya memaksimalkan fungsi mesin pencari telah diterapkan. Meraih sebanyak mungkin kunjungan pengguna internet dari rujukan mesin pencari.

Dampak ekonomis jelas bisa didapat dari optimasi mesin pencari, atau pun berbagai keuntungan lainnya.

Namun dalam hal ini penyedia layanan mesin pencari memiliki hak penetapan aturan main untuk menampilkan hasil pencarian. Mereka dapat menyatakan legit atau tidaknya suatu metode dan memberlakukan cegah tayang berdasarkan kebijakan yang mereka buat.

Permulaan

Masa-masa awal, seorang webmaster bisa membuat aturan pencarian dengan cukup bebas. Menjadikan halaman situs mereka mudah ditemukan pengguna internet dengan berbagai kata kunci. Hal ini adalah cikal bakal optimasi mesin pencari sebuah website.

Kelanjutannya para web master banyak yang berlomba memanipulasi data untuk mesin pencari, semua demi tersebarnya konten situs web mereka seluas mungkin. Dan mendapatkan keuntungan sepihak. Mesin pencari mengalami penurunan akurasi.

Tindakan Manipulasi

Manipulasi data yang dilakukan para webmaster, justru membuat mesin pencari bekerja  tidak optimal. Mesin pencari kehilangan kemampuan untuk menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci yang digunakan.

Lain yang dicari, lain pula data yang disajikan mesin pencari. Pengguna internet dirujuk ke halaman yang tidak sesuai.

Sebuah mesin pencari tidak lagi dipercaya jika terlalu banyak memberikan data yang tidak relevan. Click To Tweet

Cikal bakal mesin pencari Google hadir untuk ini. Membawa kecanggihan dan keunggulan baru dengan perhitungan matematis.

Menggunakan algoritma yang diperbarui, website yang terdata akan disaring dan ditempatkan dalam kelompok yang tepat. Berusaha memastikan setiap pencarian pengguna melalui mesin pencari  mendapatkan hasil yang sesuai.

Situs web mulai diberikan urutan posisi  berdasar kecocokan terbanyak dengan data yang diinginkan penggunanya.

Kategori SEO

Mesin pencari merupakan suatu badan usaha, memiliki pesaing, dan berlomba memberi pelayanan terbaik. Untuk mendapatkan pelanggan.

Mereka ingin hasil yang ditampilkan di halaman hasil pencarian mereka sesuai dengan harapan pengguna. Mendapatkan banyak kepercayaan, sebuah mesin pencari menjadi lebih unggul dari pesaingnya. Mereka menetapkan aturan dan penyaringan demi mendapatkan itu semua.

Mesin pencari ingin memberikan hasil yang relevan dengan pencarian pengguna, sementara seorang webmaster mempunyai keinginan agar mesin pencari menyebarkan konten web mereka seluas mungkin.

Hal ini membuat praktik optimasi terbagi dalam dua kelompok utama; White Hat dan Black Hat.

White Hat

Praktik ini adalah upaya optimasi dengan memaksimalkan informasi yang akan digunakan mesin pencari terhadap website yang dikelola.

Mesin pencari mengumpulkan data dari luar dan dalam website untuk menentukan posisi sebuah website di halaman hasil pencarian. Web master akan menyesuaikan ini.

Hal utama dalam praktik White Hat SEO adalah menyediakan data akurat, dan selengkap mungkin tentang website mereka.

Selain itu, memastikan data yang akan dikumpulkan oleh robot perayap yang digunakan mesin pencari adalah data yang mampu memberikan penilaian positif untuk website mereka.

Dalam White Hat SEO utama sekali akan mendorong web master meningkatkan kualitas website beserta seluruh konten di dalamnya. Praktik ini berusaha mengikuti aturan yang diberlakukan mesin pencari sesuai perkembangan juga perubahan algoritma yang digunakan.

Penyedia mesin pencari akan selalu menginformasikan bagaimana mereka akan menempatkan suatu situs web dalam indeks mereka (Meski tidak memberitahukan secara pasti alasan menempatkan sebuah situs di posisi puncak).

Black Hat

Praktik Black Hat SEO bekerja dengan cara yang kebanyakan adalah upaya manipulasi data. Membuat data yang mampu mengacaukan algoritma mesin pencari, sehingga robot perayap mendapatkan data yang tidak sebenarnya tentang suatu situs web.

Berusaha menciptakan kesalahan pada mesin pencari demi keuntungan website yang dikelola.

Black Hat SEO yang dilakukan web master dapat menurunkan keakuratan mesin pencari dalam menyajikan data yang relevan bagi pengguna. Praktik ini akan diperangi oleh perusahaan penyedia mesin pencari karena merugikan penyedia layanan.

Demi meminimalisir terjadinya Black Hat SEO, mesin pencari telah membuat kebijakan khusus.

Rata-rata mesin pencari akan meniadakan suatu situs dari hasil pencarian mereka bila terbukti tidak sesuai dengan kebijakan. Deindex.

Bahkan situs dari perusahaan besar dunia pernah mengalami deindex akibat pelaksanaan SEO yang tidak sesuai kebijakan penyedia layanan mesin pencari.

Ketika berusaha membuat hasil pencarian menjadi tidak relevan, kemungkinan justru hilang sepenuhnya dari sana.

Anda bisa melihat : Penjelasan Alexa Tentang Praktik SEO

Juga mengenai: Resiko black hat SEO

Kesimpulan dari ini adalah optimasi mesin pencari seharusnya bukanlah suatu metode untuk melakukan manipulasi.

***

Conclusion

Dalam menjalankan optimasi mesin pencari, seorang webmaster harus bisa membedakan praktik SEO putih dan hitam. Mengerti dengan kebaikan dan efek samping dari tindakan optimasi yang akan dilakukan. Pilihan datang beserta konsekwensinya masing-masing.

 

optimasi Halaman

Ruang Lingkup Seo

Melakukan optimasi mesin pencari adalah memberikan sebanyak mungkin data yang bernilai positif kepada mesin pencari, selengkap mungkin.

Robot perayap, yang dalam bahasa lain juga disebut crawler atau web spider tak hanya mengumpulkan data tentang suatu situs hanya dari apa yang disediakan di dalam situs itu sendiri.

Crawler menggunakan data dari berbagai tempat untuk dikalkulasikan bersama guna menilai kelayakan situs web pada suatu posisi. Untuk ini sebuah situs web memiliki dua area yang harus dioptimasi untuk mendapatkan posisi yang baik di halaman hasil penelusuran.

Optimasi Onpage

Optimasi search engine untuk area dalam. Optimasi ini untuk memaksimalkan sisi dalam dari situs web itu sendiri. Ini merupakan dasar utama. Optimasi akan cenderung kepada setiap halaman situs maupun di sisi sumber daya.

Perlu diketahui untuk praktik SEO modern bahwa:

Algoritma yang telah dikembangkan berbagai penyedia mesin pencari internet melakukan pendekatan pada tingkah laku manusia.

Riset yang berkelanjutan dalam jangka panjang selalu memberi kemajuan baru untuk membuat mesin pencari semakin mampu menyajikan data yang relevan dengan kebutuhan penggunanya. Berusaha mengerti keinginan pengguna internet ketika melakukan pencarian.

Penyesuaian ini harus dilakukan pula oleh pemilik situs web pada optimasi mesin pencari.

Sehingga…

Dalam SEO modern, optimasi onpage yang mesti dilakukan seorang web master tak hanya mengacu pada mesin semata. Pertimbangan sisi kenyamanan bagi pengguna menjadi faktor kuat yang akan sangat mempengaruhi.

Beberapa hal penting di dalam optimasi onpage di antaranya:

Meta Tag Mesin Pencari

Bagian ini dibuat untuk mesin, bagaimana halaman situs sebagai dokumen akan diperlakukan. Meta tag berada di bagian head dokumen sebagai hal yang pertama di baca perangkat pengguna. Beberapa meta tag adalah barisan informasi yang akan digunakan robot mesin pencari sebagai data awal sebuah situs web.

Setiap halaman di dalam website mesti memiliki meta tag yang lengkap untuk mendeklarasikan isi dan fungsi halaman tersebut sebagai  dokumen web. Namun dalam tindak lanjut penanganan data tersebut, mesin pencari akan mencocokkannya dengan aspek lain.

Meta tag di dalam dokumen web tidak sepenuhnya langsung dipercaya oleh mesin pencari sebagai informasi yang benar.

Mempelajari meta tag termasuk bagian dasar dalam SEO. Setiap mesin pencari bisa saja memiliki respon yang berbeda untuk meta tag yang ada. Mesin pencari tertentu juga dapat memberlakukan meta tag khusus yang hanya digunakan robot perayap miliknya sendiri.

Contoh meta tag  yang dapat dimengerti oleh Google Search Engine

Meta deskripsi

<meta name=”description” content=”Berikan deskripsi halaman di sini” />

Ini adalah data yang akan diambil Google untuk ditampilkan sebagai snippet pada hasil penelusuran. Jika Google menganggap deskripsinya sesuai.

Meta robot

<meta name=”robots” content=”…, …” /> atau <meta name=”googlebot” content=”…, …” />

Ini adalah pengendali mesin pencari. Dapat memberitahukan apakah halaman akan dicatat atau tidak. Secara normal apabila tidak ditentukan otomatis Google akan membaca dan mencatatnya

Contoh nilai yang bisa diisikan.

  • noindex – Mencegah Google melakukan indeks.
  • nofollow – Mencegah Google mengikuti link yang ada di dalam halaman.
  • nosnippet – Ini akan mencegah Google menampilkan ringkasan di halaman hasil pencarian nantinya.
  • noarchive – Mencegah Google menampilkan cache halaman.
  • Dan lainnya.
Meta canonical paginasi

<link rel=”canonical” href=”http://example.com/seo/2″/> <link rel=”prev” href=”http://www.example.com/seo/1″ /> <link rel=”next” href=”http://www.example.com/seo/3″ />

Kode meta yang kami tampilkan di atas bersumber dari penjelasan Google di halaman support.google.com/webmasters/answer/

Kode meta ini dapat menjelaskan kepada mesin pencari perihal urutan halaman website, bila satu judul memiliki beberapa sekuel.

Masih banyak meta tag lain yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Sekalipun nantinya menggunakan tool SEO, dengan mengetahui fungsi-fungsi dari beragam meta tag bisa melihat apakah tool yang digunakan memang telah melakukan optimasi dengan baik.

Anda menjalankan platform blog Blogger? Optimalkan situs Anda dengan paket meta khusus Blogger berikut: Meningkatkan SEO Blog dengan META-SEOPACK Blogger

Anda juga dapat melihat penjelasan W3C terkait meta tag dasar di halaman berikut html head section

Struktur Html Mempengaruhi Optimasi Mesin Pencari

Bagian sederhana dalam pengkodean html perlu dimengerti untuk melakukan optimasi. sebuah halaman website adalah dokumen web html dimana banyak bagian-bagian dalam struktur html perlu dioptimalkan untuk mesin pencari.

Beberapa contoh:

Memaksimalkan atribut alt untuk gambar. Ini adalah teks alternatif apabila gambar tidak dapat ditampilkan, sekaligus informasi yang dibaca mesin pencari karena crawler belum mampu menamai gambar dari bentuknya.

Memaksimalkan atribut rel untuk url. Penting menetapkan rel url sesuai keperluan. Memberi rel dofollow untuk internal situs dan memberikan nofollw untuk mengrahkan ke situs lain yang tidak dipercaya ataupun belum dicek kesesuaian isinya (not relevan).

Penggunaan tag semantik  dalam pengkodean juga akan meningkatkan keterlihatan di mesin pencari.

Lihat juga tulisan kami lainnya:

Ulasan Lengkap: Penerapan SEO Dalam Menulis Artikel

Kelayakan Konten

Setelah menetapkan metadata, mesti dipastikan bahwa isi atau konten website memang benar-benar sesuai dengan apa yang dideklarasikan pada metadata. Khususnya untuk konten utama.

Beberapa hal yang meningkatkan kelayakan suatu konten dengan kata kuncinya

Fokus Kata Kunci

Konten utama tak hanya harus memiliki kecocokan materi seperti yang diterakan pada metadata, fokus dari konten pun harus dapat dengan jelas terbaca. Hal ini disebut juga intens. Mesin pencari sekarang mampu mengenali search intens dari kata kunci yang digunakan.

Ini artinya mengenali apa yang dicari pengguna sesuai dengan kombinasi kata yang diketikkan.

Seperti contoh:

Bila menulis review untuk suatu produk maka pastikan fokus itu jelas dalam penargetan kata kunci sebagai commercial investigation search intens.

Untuk konten web yang berisikan informasi-informasi. Penargetan kata kunci juga mesti jelas sebagai Informational search intens.

Dan jika Anda berjualan, mengharapkan transaksi, maka pastikan kata kunci yang ditekankan di dalam konten jelas adalah transactional search intens. Anda tidak ingin mendatangkan banyak pengunjung yang ingin mengetahui cara menginstal aplikasi ketika Anda sedang menjual komputer bukan?

Keaslian Dokumen

Mesin pencari tidak menyenangi penggandaan konten dan juga konten yang dibuat otomatis.

Akan ada resiko besar menanti bagi pelaku yang menerapkan cara-cara membuat konten web yang tidak sesuai kebijakan mesin pencari.

Bahkan penataan struktur website mesti diperhatikan agar tidak terjadi penggandaan tanpa disadari, bahkan jika perlu menetapkan metada untuk konten alternative agar tidak dianggap penggandaan.

Keakuratan Data

Konten di halaman website sedapat mungkin dapat dibuktikan keakuratannya untuk meningkatkan nilai kepercayaan pengguna internet. Mesin pencari pun menganalisa hal ini.

Seperti contoh: Ketika di dalam konten mengutip suatu fakta yang dirujuk dari sumber lain di internet. Pemilik situs sebaiknya menyertakan link kepada sumber tersebut.

Keberadaan link menuju situs lain bukan lagi menjadi hal yang buruk, selagi memiliki koherensi dan penggunaan atribut link yang tepat.

Menempatkan link menuju situs lain di dalam konten utama web diistilahkan dengan external link. Kebanyakan tool SEO memberi peringatan ketika konten web tidak memiliki external link di dalam konten utamanya, bahkan memiliki fitur saran external link kepada situs lain yang memiliki kesesuaian niche.

Link-link yang saling berkaitan berguna bagi mesin pencari untuk mengklasifikasikan halaman web. Sementara bagi situs yang dirujuk, akan menjadi backlink (backlink akan dibahas pada offpage SEO).

Kenyamanan Pengguna

Mesin pencari di era modern menilai sebuah website juga berdasar pengalaman pengguna, istilah lain untuk pengunjung website.

Dalam menilai pengalaman pengguna yang disebut juga UX singkatan dari user experience, mesin pencari menangkap beberapa hal dari sikap pengunjung website ketika berada di suatu halaman.

Seperti contoh: Berapa lama pengunjung berada di situs tertentu. Semakin banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di suatu halaman situs dengan sendirinya menaikkan nilai situs tersebut bagi mesin pencari.

Dan yang buruk untuk ini adalah ketika pengguna menutup halaman situs tersebut dalam waktu yang sangat singkat, disebut bounce. Nilai dari bounce diistilahkan bounce rate. Tingginya bounce rate akan menurunkan nilai sebuah situs bagi mesin pencari.

Bounce rate bisa terjadi disebabkan beberapa faktor

  • Waktu loading halaman yang sangat lama.
  • Isi yang tidak sesuai dengan cuplikan.
  • Adanya konten yang tidak semestinya (termasuk iklan yang terlalu banyak).
  • Kurangnya penyesuaian disain web terhadap target pengunjung.
  • Terdapat perangkat lunak yang dapat merusak.
  • dan lainnya

Untuk mendapatkan nilai baik bagi pengalaman pengguna diperlukan perhatian serius untuk disain, program web, sumber daya server maupun konten yang disajikan.

Pengguna Blogger dapat melihat tips optimasi pasca update algoritma berikut: Praktik SEO Blogger – Terpadu

Optimasi Offpage

Optimasi ini untuk faktor di luar halaman situs web itu sendiri. Mengingat mesin pencari akan menggunakan data lain yang tersebar di internet untuk memastikan keakuratan data sebuah website. Faktor dari luar yang dapat meningkatkan nilai sebuah website sangat penting untuk dioptimalkan.

Optimasi Offpage adalah bagaimana meningkatkan kelayakan sebuah website untuk dipercaya sebagai dokumen web yang relevan dengan kata kunci tertentu.

SEO Offpage dianggap juga sebagai tingkat lanjut, mesti didasari optimasi onpage sebelumnya.

Beberapa hal yang termasuk Offpage SEO

Submit Ke Mesin Pencari

Mesin pencari menyediakan layanan konsolidsasi bagi pemilik website. Melalui layanan tersebut bisa mengirimkan secara langsung daftar halaman yang dimiliki situs. Layanan juga sering dilengkapi fitur-fitur guna melengkapi data yang dibutuhkan mesin pencari.

Submit Google

Submit ke Google Search Engine dapat dilakukan melalui konsol webmaster tool.

Google Webmaster Tool

www.google.com/webmasters/

Untuk submit url secara individual

www.google.com/webmasters/tools/submit-url

Lebih lengkap penggunaan webmaster toolPanduan Lengkap Google Webmaster Tool

Submit Yahoo dan Bing

Submit ke Yahoo Search Engine saat ini bergabung dengan konsol webmaster Bing.

Bing Webmaster Tool

www.bing.com/toolbox/webmaster

Membangun Backlink

Backlink merupakan tautan yang mengarah ke suatu situs web bersumber dari situs web lain. Ketika website yang dikelola memiliki banyak link dari luar yang mengarah ke halaman situs maka penilaian mesin pencari menjadi baik.

Beberapa tahun yang lalu cara ini sering dijadikan oleh web master mengecoh mesin pencari. Melakukan tindakan penanaman link secara tidak sah sebagaimana ketentuan mesin pencari untuk link balik.

Bahkan di antaranya beberapa web master dan juga jasa SEO sengaja membangun jaringan situs sendiri untuk dijadikan ladang penanaman link sebanyak-banyaknya.

Untuk saat sekarang hal itu tak mudah lagi dilakukan. Mesin pencari telah mempunyai kemampuan menganalisa penanaman link yang tidak sah.

Bahkan tradisi link exchange yang sering dilakoni pemilik blog dulunya bisa menyebabkan penurunan nilai bahkan penalty dari mesin pencari untuk masa sekarang.

Hal yang penting untuk membangun backlink adalah mengupayakan backlink bernilai tinggi. Apabila situs perujuk adalah situs yang telah memiliki rangking yang tinggi di halaman pencarian maka nilai untuk backlink yang diberikan pun akan tinggi.

Selain itu kecocokan niche nilai dari pemberi backlink sangat berperan. Mendapat link balik dari situs yang memiliki konten tak sesuai juga tidak akan memberi hasil penilaian sangat baik.

Penunjang Optimasi Mesin Pencari

Strategi Dalam Optimasi Mesin Pencari

Optimasi akan benar-benar tercapai dan memberikan hasil yang baik ketika mampu diaplikasikan dengan strategi pemasaran yang baik pula. Hal ini memang tingkat lanjut untuk search engine optimization.

Sekalipun situs web Anda tidak secara langsung menjual barang atau menawarkan jasa kepada pengunjungnya. Konten yang Anda tempatkan di internet harus dipromosikan, promosi terbaik adalah mengadopsi metode yang dijalankan para marketer.

Untuk strategi dalam pengembangan website, mau tidak mau seorang web master akan bekerja sebagaimana internet marketing. Menawarkan konten yang dimiliki. Apakah berupa artikel, vidio, audio, gambar atau jenis konten apapun.

Membangun Reputasi Di Media Sosial Untuk Optimasi Mesin Pencari

Rata-rata media sosial memiliki fitur berbagi link. Share. Jumlah share meski bukan hal utama tapi akan mampu memiliki andil dalam memberi peringkat situs.

Media sosial dapat menjadi tempat yang baik untuk mempromosikan situs web.

Beberapa jenis website bahkan mesti lebih dulu membangun reputasi di media sosial untuk menarik search engine memberi nilai.

Besarnya aliran pengunjung diakibatkan social share dengan sendirinya dapat menjadi acuan search engine untuk menyatakan bahwa sebuah website memiliki konten yang dapat dipercaya.

Lihat juga bagaimana gambar menunjang optimasi: Gambar posting blog yang bisa menunjang optimasi

Tool dan Layanan Pendukung Optimasi Mesin Pencari

Melakukan optimasi dibantu dengan tool dan layanan penunjang akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dibanding melakukan secara manual. Beberapa contoh jenis tool untuk optimasi:

Analizer

Sebagai alat analisa.  Untuk mengukur performa SEO website, akan sangat baik jika sekaligus dapat mengukur dan membandingkan performa saingan.

Contoh: Google Analityc (Web Service). SEOQuake (Browser Toolbar), Wildshark (Desktop App).

Research

Pelaku SEO akan sangat membutuhkan alat untuk meriset kata kunci. Mengetahui nilai atau besaran pencarian pengguna internet untuk suatu kata kunci dalam kurun waktu tertentu.

Baik lagi jika memiliki alat untuk  mendapatkan saran kata kunci berdasarkan turunan atau alternatif.

Dibutuhkan pula alat untuk melihat dan memprediksi trend yang sedang menggejala.

Contoh: Google Trend (Web Service), Semrush (Web Service).

Optimizer

Optimizer adalah alat yang akan mengoptimalkan SEO Onpage. Memperbaiki atau memberi saran pada pengkodean yang kurang baik untuk SEO. Melengkapi meta tag yang kurang dan melacak penggunaan atribut yang tidak tepat. Dapat pula menata struktur website agar menjadi baik bagi mesin pencari.

Contoh: Yoast SEO (WordPress plugin), AIO SEO Pack (WordPress plugin).

***

Selesai ulasan kami kali ini untuk memperkenalkan dasar optimasi mesin pencari, semoga dapat memberikan mamfaat.

Tulisan tentang optimasi mesin pencari ini dapat Anda salin atau cetak dan gunakan untuk berbagai keperluan, dan besar harapan kami agar menempatkan rujukan ke situs ini di dalam versi salinan tersebut guna membantu perkembangan weblog Memokecil.



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




16 Balasan kepada “Dasar Optimasi Mesin Pencari – Catatan Lengkap”

  1. Waduh, butuh waktu setengah jam lebih ku selesai membaca ini. Gimana yang nulis yah…. Sebenarnya sudah banyak baca yang beginian, tapi ini komplit deh. Cuman tombol share fb koq tidak diberikan?

  2. Wahh baru kenal yang namanya white hat dan black hat itu apa bang 😀
    Thank’s info2nya bg
    Kembangkan terus 🙂
    Support : kababerita.com

  3. Sebenarnya saya paling jengkel dengan page2 atau dipotong2 seperti ini, namun tetap saya buka satu per satu page karena saya juga butuh pembelajaran terkait optimasi.

    Satu lagi, komentar di mobile terlalu ramping hingga komentar kawan2 sulit dibaca. Boleh diterima atau tidak, mohon dibenahi lagi 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *