Merencanakan Blog – Penting Sebelum Mulai Blogging

Merencanakan blog dari awal adalah jalan yang baik demi kelancaran membangun dan mengembangkan blog nantinya. Penting sebelum membuat blog.

Jangan melewatkan tahap perencanaan dengan langsung menyewa sebuah layanan web hosting, mendaftar  satu top level domain, lalu kemudian baru akan menyusun konsep dan perencanaannya. Mari kita bahas tuntas tahap awal kegiatan blogging ini.

Beberapa Hal Pokok Dalam Perencanaan Blog Membuat Blog

  • Menentukan jenis blog berdasar ruang lingkup
  • Menentukan platform yang sesuai
  • Menentukan niche blog terbaik

Perencanaan Jenis Blog -Ilustrasi

Menentukan Jenis Blog Berdasar Ruang Lingkup Topik

 

Bagian awal perencanaan membuat blog. Dapat dimulai kapan pun. Ini merupakan satu dari tiga tahap sebelum mulai blogging. Bagaimana nanti akan menentukan jenis yang tepat bagi Anda. Cara menentukan jenis berikut merupakan rangkuman hasil penelusuran dan diskusi yang ramai di forum-forum pengembang.

Apa jenis blog yang akan Anda buat?

  • Blog khusus membahas topik tertentu.
  • Blog dengan topik khusus yang lebih terfokus.
  • Blog yang membahas beberapa topik sekaligus, istilahnya gado-gado.

 

Pada ketiga jenis blog di atas tidak perlu dibandingkan mana yang lebih baik. Ketiga pilihan tersebut telah memiliki daftar nama untuk blog-blog yang sukses.

Pilih manapun adalah baik, asal memiliki kesesuain dan mengerti mengelola untuk masing-masingnya.

Hal sehubungan dengan kecenderungan topik yang paling sering dipublikasikan, begitupun  genre, stream, bidang keilmuan dan juga industri, di dalam blogging menjadi spesifikasi sebuah blog.

Spesifikasi ini juga akan menjadi sebutan dari orang-orang untuk sebuah blog.

Salah satu cara orang mengingat blog adalah dari spesifikasi topiknya. Click To Tweet

Istilah paling umum untuk spesifikasi topik atau konten adalah niche. Tapi tak hanya blog, website lain pun memiliki niche—seperti toko online: kelompok produk yang dijual adalah nichenya.

Sedikit tentang niche blog:

Niche blog adalah ruang lingkup, ceruk, bagian atau pula bisa dimaksud sebagai spesifikasi dari materi-materi pada blog.

Contoh:

  • Niche blog dipilih ‘Kesehatan’, maka konten yang akan dibuat adalah tentang kesehatan.
  • Niche blog dipilih ‘Dunia Remaja’, maka konten yang akan dibuat adalah mengenai remaja.
  • Niche blog dipilih ‘Tutorial Komputer’, maka konten yang akan dibuat berupa tutorial komputer .
  • Niche blog dipilih Ilmu Blogging, maka konten yang akan dibuat adalah seputar kegiatan blogging.

Masing-masing niche yang dipilih untuk blog, baik satu ataupun beberapa niche akan menentukan media yang tepat untuk digunakan sebagai konten.

Banyak niche yang sesuai dengan media teks secara dominan dan media gambar sebagai pendukung—seperti artikel, cerita, ataupun lainnya. Konten berupa media teks adalah pilihan kebanyakan blogger karena secara umum.

Konten berupa teks tergolong lebih mudah dibanding konten dominan berupa media vidio, audio, gambar, aplikasi  dan jenis lainnya dengan proses pembuatan yang lebih sulit.

Namun adakalanya pilihan mengharuskan penggunaan konten tertentu selain teks secara lebih dominan.

Dari merencanakan blog ini patut untuk mempertimbangkan pilihan yang sesuai dengan media utama yang mampu Anda sajikan dalam konten nantinya—tentukan akan dominan pada teks, gambar, vidio, aplikasi atau lainnya.

Sesuaikan topik yang akan diambil sebagai “niche pilihan Anda” cocok untuk media yang bisa Anda buat. Dan pastikan Anda mampu menyajikannya secara berkesinambungan.

Lihat juga: Ulasan lengkap menulis artikel blog dan Topik SEO kepenulisan online

Ps* Terkecuali bila ingin menggunakan jasa pembuat konten atau beli.

 

NICHE BLOG

Pilihan ini adalah merencanakan dari awal bahwa blog nantinya hanya akan diisi satu topik secara luas.

Keuntungan dari  jenis ini adalah mudahnya pengguna internet menandai blog karena spesifisikasi konten yang tersedia.

Besar kemungkinan pengguna yang membutuhkan informasi atau setidaknya tertarik pada pokok bahasan tertentu mengingatnya sebagai blog yang sesuai dan menjadi pengunjung berulang. Mudah diingat.

Banyak yang telah sukses dengan blog satu niche, lalu merekomendasikannya sebagai jenis yang bisa digunakan oleh pemula untuk dapat membuat blog yang berkembang dengan mudah.

Menentukan satu niche berarti harus memiliki ketetapan pada satu topik, membuat batasan bagi diri sendiri—untuk pengelola blog, agar tidak keluar dari topik.

Rekomendasi pilihan untuk pemula karena hanya perlu menentukan satu bidang saja dan beralih hanya dalam satu kategori kepada kategori lain. Bisa memilih bidang yang disenangi dan dikuasai.

Pemula yang merencanakan blog dengan pilihan ini akan cukup mudah menentukan platform dan merencanakan strukturnya nanti.

Membuat blog jenis ini bisa didukung oleh berbagai platform, seperti CMS WordPress misalnya, dimana dengan fitur yang tersedia nanti topik dapat dipecah dalam turunannya dan dikelompokkan melalui tag, katagori dan kategori anak.

MULTYNICHE BLOG

Multyniche, barangkali juga sering disebut sebagai blog gado-gado. Blog jenis gado-gado berarti menggunakan beberapa pokok bahasan sekaligus. Seolah mudah dijalankan karena terpikir apapun dapat dijadikan topik dan dibuat konten, segera posting.

Tapi….

Kenyataannya, bahwa pemula memilih ini seolah merupakan cara yang fleksibel menentukan topik blog, namun menemukan kesulitan untuk mengembangkannya di kemudian hari.

Melihat blog dan website besar yang mengusung multyniche ternyata bukanlah merupakan jenis dengan topik bebas. Banyak topik sekaligus namun setiap topik itu adalah hal yang berada dalam satu konsep.

Dan juga….

Dia bukanlah hal yang diperlakukan seperti jenis niche tunggal, namun melibatkan ahli yang mampu mengembangkan banyak niche sekaligus.

Multyniche, mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan blog jenis satu niche. Banyak topik yang harus diasuh berarti akan banyak menggunakan sumber daya, baik itu sumber daya manusia maupun pendukung lainnya.

Sebut saja untuk konten teks berupa artikel, maka dengan banyak topik satu orang pengelola blog akan sangat kesulitan. Setidaknya membutuhkan penulis kontributor.

Contoh dari multyniche dapat dilihat pada portal berita. Beberapa topik seperti teknologi, sosial, budaya dan selebriti menyatu dalam satu. Banyak bidang pengetahuan atau keilmuan menjadi dasar. Dan dalam satu konsep—pemberitaan.

Pada blog multyniche, pelaksanaannya akan seperti mengelola lebih dari satu blog. Click To Tweet

Mengelola satu blog multyniche sama dengan mengelola banyak blog sekaligus, dan harus ditambahkan dengan teknik khusus dalam pengembangan.

Disarankan hanya kepada expert yang siap dengan kesulitan yang akan dihadapi. Blog akan menyerupai portal, menyediakan banyak hal dalam satu kesatuan terkonsep.

Jenis ini dapat menggunakan WordPress, namun Joomla adalah platform CMS yang telah dirancang untuk membuat situs portal skala besar.

Alih-alih bagi pemula yang menguasai beberapa bidang dan ingin membuat blog berdasar semua hal tersebut. Maka disarankan menjadikannya lebih mudah dengan membuat beberapa blog secara terpisah untuk masing-masing bidang.

MICRONICHE BLOG

Microniche adalah bagian yang lebih spesifik dari niche. Blog jenis ini termasuk niche blog dalam pelaksanaannya, namun mengambil hanya bagian tertentu dalam menggali suatu topik.

Topik dalam microniche dibuat lebih fokus dan dibahas lebih mendalam. Ini bisa cocok bagi pemula blogging, tetapi harus  merupakan seorang expert dalam bidang kajian tertentu. Paling tidak memiliki dasar keahlian dalam bidang yang akan dijadikan niche.

Sebagai contoh:

Pada niche blog mungkin bisa memilih niche otomotif, diharapkan topik ini cukup luas untuk menghasilkan konten darinya—agar tidak mengalami kebuntuan dalam mendapatkan ide.

Dan dalam microniche  bahasan dipersempit kepada; sepeda motor, bahkan mungkin disempitkan lagi kepada topik paling khusus; sepeda motor bebek empat tak.

Dalam microniche, cukup sulit mendapatkan ide membuat konten di ruang lingkup yang sempit ini. Namun pengecualian bagi seseorang yang ahli di bidang sepeda motor empat tak. Ia akan memiliki referensi materi yang cukup untuk menghasilkan konten.

Jenis microniche secara struktur berkemungkinan tidak akan cukup rumit. Platform CMS yang dapat digunakan sangat fleksibel.

Pemula dapat memulai microniche dari Blogspot, meski sampai saat ini hanya memiliki satu bentuk struktur—taxonomi dengan pelabelan posting. Untuk struktur yang sederhana Blogspot  sudah cukup dalam memanajamen.

***

Apapun jenis blog nantinya dipilih; niche blog, multyniche blog maupun microniche blog, selama pengelolaan untuk jenis tersebut tepat maka semua pilihan menjadi baik.

Penyesuaian dengan kemampuan, pengadaan sumber daya dan pembiayaan menjadi acuan pilihan terbaik.

Banyak saran diberikan khusus untuk pemula adalah menjalankan niche blog, dan sedapat mungkin menghindari jenis multyniche tanpa dukungan ahli.

Setidaknya untuk bagian ini Anda yang hendak turut membuat blog sudah mencatat di sebuah memo;  gambaran jenis blog pilihan Anda. Untuk

Selanjutnya: catatan merencanakan blog ini akan memasuki pilihan platform terbaik.

Platform Blog Unggulan Yang Sesuai Untuk Anda

merencanakanplatform blog - Ilustrasi

Beberapa platform Blogging yang telah menjadi unggulan dan dibuktikan dengan besarnya jumlah pengguna di seluruh dunia adalah platform terbaik untuk dipilih.

Masing-masingnya membawa fitur, karakteristik dan teknologinya tersendiri. Selain itu ketersediaan dukungan dan dokumentasi  menjadi bagian penting.

Platform blogging terbaik tidak dikatakan secara gamblang satu secara pasti lebih baik dari lainnya, karena akan tergantung pada kesesuaian.

Ketika Akan Menentukan Platform Blogging Terbaik

Ketersediaan sumber daya, biaya dan apa saja kebutuhan maupun peruntukkan blog akan menentukan mana yang akan lebih sesuai. Berikut sekilas referensi 3 platform blogging yang umum digunakan para blogger dunia.

BLOGSPOT

Sebuah platform blog milik google. Platform Blogspot Bisa digunakan untuk jenis blog niche dan microniche. Keunggulan dari Platform blog Blogspot adalah dalam segi penekanan biaya.

Memiliki blog berbasis Blogspot tidak menuntut ketersediaan web hosting sendiri karena platform ini berjalan sebagai layanan dalam server Google.

Tanpa harus menyediakan web hosting sendiri berarti bebas dari pemeliharaan server, dan tanpa  biaya penyediaan server . Semua tentang ini ditangani pihak Google.

Tersedia secara gratis dengan sumber daya server besar berkemampuan tinggi. Salah satu pilihan terbaik merencanakan blog.

Mengenai kepemilikan server yang sepenuhnya dijalankan pihak Google, memberikan keamanan dari serangan hacker tanpa harus terlibat dalam pengamanan server.

Dari sisi lainnya terdapat pembatasan-pembatasan tertentu dan aturan-aturan berdasar kebijakan layanan Google untuk pengguna Blogspot.  Google memiliki hak khusus untuk meniadakan Blog yang ada di server mereka apabila melakukan pelanggaran terhadap kebijakan layanan.

Penggunaan  Blogspot dapat menjadi pilihan terbaik dengan biaya yang ringan sementara spesifikasi  cukup hebat.

Secara normal mengelola blog Blogspot terbilang sederhana, namun dalam pengembangan dan menghadirkan fitur-fitur khusus pada Blogspot terbilang sulit.

Silakan ikuti Panduan Membuat Blog Blogspot.

Sebagai landasan memulai, Blogspot bisa dijadikan pilihan, meski kemudian hari akan memindahkannya ke platform lain untuk mendapatkan kemudahan lebih dalam manajamen skala lanjutan. Ketika blog telah berkembang tentunya.

WORDPRESS (self-hosted)

Platform unggulan ini adalah WordPress self-hosting, platform sumber terbuka yang disediakan gratis berikut tool-tool tambahan yang juga banyak disediakan gratis.

Dengan berbagai fitur yang dapat ditambahkan tak sekadar menjadi blog tapi  WordPress juga dapat digunakan sebagai dasar bermacam jenis website;  seperti membuat forum, toko online dan lainnya. Istilah yang diberikan pengembangnya adalah robust.

Microniche, Niche dan Multyniche dapat dijalankan pada platform WordPress.

Platform yang  cukup tua dan matang sebagai CMS. Dukungan komunitas yang besar,  termasuk komunitas berbahasa Indonesia. Sehingga dalam penyelesaian masalah cukup mudah mendapat pemecahan.

Juga dukungan dokumentasi dan sumber informasi sangat lengkap untuk platform ini.

Kemudahan banyak disediakan dalam platform WordPress. Sangat memungkinkan dalam pengembangannya nanti, pengelola blog berbasis WordPress tidak harus berurusan dengan pengkodean website.

Benar-benar berbasis konten, hal-hal lain yang dibutuhkan dapat diserahkan pengelolaannya kepada tool secara otomatis. Namun juga tidak tertutup kemungkinan untuk masuk lebih jauh dalam sistem dan pengkodean bagi expert yang ingin menciptakan fitur khusus pada weblog yang dikelolanya.

Penggunaan platform WordPress membutuhkan ketersediaan server hosting.

Lebih lengkap penjelasan tentang hosting dan spesifikasinya silakan merujuk ke: Pengertian Webhosting

Kepemilikan server hosting dapat disewa sekaligus dengan layanan pengelolaan server, selanjutnya hanya perlu fokus menyediakan konten karena pengelolaan konten telah diserahkan kepada sistem WordPress.

Tanpa harus menyentuh pengkodean website bila tidak menginginkannya.

Dan ketika mendapati adanya keterbatasan dari fitur dasar yang disediakan dalam CMS WordPress, maka dengan cepat dapat melakukan pencarian plugin untuk melengkapinya.

Ribuan plugin diantaranya yang berbayar , juga versi gratis dapat digunakan melengkapi kebutuhan.

Platform WordPress memang membutuhkan biaya server, namun setara dengan apa yang mereka berikan.

Dalam hal lain pemula dapat memulai dengan menggunakan layanan hosting versi gratis. Kemudian hari dipindahkan ke layanan hosting  versi berbayar saat kebutuhan meningkat seiring dengan pertumbuhan blog. Bahasan WordPress ini adalah untuk WordPress.org Self-hosted.

Dapatkan hosting tanpa bayar (perhatikan ketentuan penggunaan gratis) di pembahasan berikut: Cara mendapatkan hosting dan domain gratis.

JOOMLA!

Joomla! termasuk CMS yang diunggulkan. Namun dari pengalaman, menggunakan Joomla! tidaklah terlalu mudah. Untuk sebuah blog dengan Joomla  membutuhkan kemampuan lebih dalam pengembangannya, atau memamfaatkan jasa profesional.

Joomla! juga memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri, apalagi  dalam membangun web skala besar. Hanya saja dalam hal ini tenaga ahli di bidang disain, SEO, maupun lainnya mengambil perananan penting. Bukan hal mudah bagi pemula perorangan mengembangkan blog berbasis Joomla!.

Joomla! juga digunakan pada server hosting milik sendiri atau sewaan. Pada Joomla juga tersedia peralatan tambahan yang bisa dipasangkan padanya.

Seperti umumnya platform-platform lain yang dijalankan pada server sendiri, memberikan kebebasan untuk menjadikan bermacam hal pada situs yang dimiliki.

Disarankan platform ini kepada mereka yang telah mengerti tentang pengembangan web dan sedang berniat membuat situs portal skala besar. Multyniche dapat menjalankan platform Joomla.

***

Merencanakan Blog Dengan Blogspot, WordPress dan Joomla!

Ketiga platiform unggulan diatas untuk saat ini adalah platform yang umum digunakan dalam membuat situs Weblog. Dengan kesesuaian tidak dikatakan mana yang lebih baik. Semua dapat digunakan. Diharapkan  Anda yang membaca Memokecil kami telah dapat memilih platform yang akan digunakan.

Ps* Selain dari tiga platform tersebut masih terdapat berbagai macam jenis platform yang dapat mendukung kegiatan blogging. Meski belum sepopuler Blogspot, Worpress dan Joomla! tidak tertutup kemungkinan untuk mencoba.

Mengenai platform lainnya dibahas terpisah dalam index CMS nantinya.

Namun disarankan demi kemudahan, gunakanlah platform unggulan dan memamfaatkan dukungan komunitas besar berikut dokumentasi lengkap.

 

KANDIDAT NICHE BLOG BERDASAR MINAT BAKAT DAN KEMAMPUAN

Niche blog bisa ditentukan melalui kesiapan dalam mengasuh suatu topik. Bagi pemula memang lebih mudah untuk menentukan topik yang merupakan passion.

niche blog - merencanakan blog

Sesuatu yang diminati dan memang telah mempunyai pengetahuan dasar di dalamnya, dapat  lebih menyenangkan ketika menyajikan konten.

Namun.

Perlu juga dipertimbangkan minat khalayak umum di internet terhadap topik tersebut.

Pertimbangan selain unsur dari dalam diri sendiri yang berupa minat dan kemampuan, adalah mengenai banyaknya (value) pencarian di mesin pencari terkemuka.

Juga keterkaitan dengan pengiklan produk  atau industri yang ramai.

Ini akan menyangkut dengan harga dari konten yang disajikan. Aspek persaingan dan strategi marketing juga berperan dalam menentukan niche.

Sebuah bagian penting untuk ditentukan sebelum memiliki sebuah domain, menyewa hosting dan membangun blog.

Niche adalah ceruk tersendiri dalam suatu  pokok bahasan. Mengambil bagian dari suatu bidang ketertarikan maupun keilmuan. Niche inilah yang akan menentukan nanti isi dan tampilan keseluruhan dari blog.

Banyak niche dengan konten berupa media teks (artikel, cerita ataupun naskah-naskah lain), namun di lain hal konten multymedia juga dapat menjadi pilihan. Tergantung niche, bagaimana nantinya konten sebuah blog. Juga mempengaruhi disain sekaligus fitur yang dibutuhkan.

Meski paling umum digunakan blogger  adalah artikel dengan teks sebagai konten utama, ditunjang beberapa media grafik.

Untuk tahap awal sebelum melakukan persiapan membangun blog disarankan telah memiliki gambaran niche yang diusung. Sekalipun belum spesifik, karena ini bagian perencanaan. Kelak akan disaring untuk memilih yang terbaik.

Siapkan daftar kemungkinan sebanyak yang bisa.

Seorang calon blogger setidaknya mengenal ke dalam dirinya untuk menentukan niche. Hal ini yang kemudian melancarkan kegiatan blogging. Mulailah dengan hal menyenangkan.

Sekalipun hanya menyajikan konten teks, untuk jangka waktu panjang dan berulang menulis hal yang tidak disenangi dapat menimbulkan kejenuhan.

Demi kelangsungan jangka panjang juga, bahwa ketersediaan materi untuk dijadikan konten harus dipertimbangkan. Ini berlaku untuk blogger yang akan membuat sendiri konten blog.

Perlu menentukan beberapa calon niche untuk nantinya dipilih.

Beberapa cara merencanakan blog berdasar minat dan bakat adalah dengan membuat daftar topik.

Anda dapat menggunakan selembar kertas untuk menulis daftar di waktu senggang.

Contoh:

  • Bidang keahlian terkait pekerjaan yang sedang Anda jalankan.
  • Kemampuan terkait hal-hal yang sering dimintai pertolongan dari Anda.
  • Keilmuan yang pernah Anda pelajari.
  • Hal-hal yang dipercaya orang lain untuk dikonsultasikan kepada Anda
  • Wawasan yang pernah Anda ikuti selama ini.
  • Jenis buku, artikel, film ataupun berita yang menarik bagi Anda dan sering Anda konsumsi.

Daftar tersebut adalah kandidat yang nantinya akan diseleksi, dan ditentukan sebagai pilihan. Pastikan hanya menulis sesuatu yang setidaknya cukup disenangi dan tidak membuat Anda cepat jenuh.

MENGURUTKAN KANDIDAT NICHE BERDASAR TINGKAT KEMAMPUAN

Ini adalah cara konvensional menentukan rangking kemampuan diri sendiri. Menguji  berapa banyak nantinya konten yang mungkin dibuat dari masing-masing kandidat niche tersebut.

Mulailah membuat judul posting, baik itu judul untuk tulisan, bila merencanakan konten berupa teks. Silahkan membuat  tajuk untuk media (jika konten bukanlah teks, mungkin foto, audio maupun vidio).

Untuk setiap judul posting sertakan outline, yakni kerangka acuan.

Bila berupa tulisan bisa saja kerangka dasar tulisan, sementara untuk media dapat membuat suatu garis besar alur dalam mendapatkan, proses pembuatan atau metode-metode khusus terkait kreatifitas pembuatan media tersebut.

Judul-judul yang didapatkan menjadi nilai rangking. Mana yang lebih banyak dan mudah dalam simulasi pembuatan judul merupakan kandidat yang akan berada diposisi atas dari yang lain.

Setidaknya dapat memetakan kemampuan diri dalam membuat konten. Karena ini adalah pertimbangan untuk dapat membuat konten dan mengisi blog secara berkala, pastikan dapat terlaksana untuk jangka panjang.

Blog tentu terbengkalai ketika pengelola kehabisan ide untuk membuat materi yang akan dipublikasikan. Tahap perencanaan blog setidaknya dapat memberi gambaran untuk ini.

Hasil akhir merencanakan blog

Sudah menentukan jenis blog:

  • Memilih jenis Niche Blog
  • Memilih jenis Multyniche Blog, atau
  • Memilih jenis Microniche Blog

Platform telah dipilih:

  • Blog berbasis Blogspot
  • Blog berbasis WordPress, atau
  • Blog berbasis Joomla

Telah memiliki kandidat niche:

Apapun niche yang akan digunakan nanti. Pastikan  cocok untuk Anda kelola.

Setelahnya persiapan blogging dapat dimulai.

***

Semua yang dituliskan untuk merencanakan blog ini berdasar referensi yang digunakan Memokecil dalam membuat blog. Sebagai bentuk salinan dari catatan proses yang diabadikan ke dalam tulisan. Ikuti juga tahap selanjutnya dalam pra-blogging: Persiapan memulai blog

Rujukan: Disarikan dari beragam sumber.

Tersedia juga pembahasan lanjutan:

Setelah merencanakan blog Anda dapat memulai proses persiapan membuat blog. Silahkan memberikan masukan kepada kami. [mk/end]



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *