Layanan Web Hosting Untuk Pemula – Guide

Lebih lanjut tentang web hosting, disarikan khusus  bagi pemula untuk web development atau yang berencana memiliki dan mengurus website. Ini adalah rumah bagi website Anda. Tidak ada website  yang dapat diakses tanpa hosting, apapun.

Dan juga, layanan web hosting ada yang tersedia gratis untuk kita mamfaatkan sebagai sarana belajar. Lihat juga tentang pengertian website

Ini adalah dasar untuk mengenal web hosting. Yuk!

pengertian web hosting dan spesifikasi web hosting

Apa pengertian web hosting?

Web hosting sebagai rumah web adalah sistem terpadu yang menyediakan sumber daya untuk menjalankan website.

Bila disederhanakan dia akan menyerupai sebuah komputer lengkap. Web hosting akan memiliki operasi system, program, sumber daya energi, koneksi internet dan ruang penyimpanan data, juga peripheral penunjang lainnya.

Sementara ulasan dengan bahasa wikipedia temukan disini: Pengertian hosting versi wiki

Relasi artikel: Cara pengaturan domain web hosting.

Layanan web hosting lebih memudahkan

Anda sebenarnya dapat memberdayakan komputer yang ada di rumah sebagai web hosting. Tapi mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan, harga yang lebih ringan bisa didapat dari penyedia layanan web hosting. Bahkan hosting gratis juga tersedia.

Dan dalam pengurusan juga tentu menggunakan layanan web hosting lebih mudah dan efisien. Anda tidak harus mengurus segala keperluan untuk menjaga sistem berjalan normal.

Web hosting bekerja terus menerus

Web hosting adalah sistem komputer yang diharapkan dapat menyala terus menerus sepanjang waktu, begitupun koneksi internetnya.

Ini untuk memastikan website Anda dapat aktif kapan pun ketika di akses pengguna dari berbagai tempat. Koneksi internet yang ada di rumah Anda mungkin tak akan menjamin ini. Komputer pun akan hancur apabila menyala terus menerus tanpa system pendingin yang baik. Pasokan energi listrik pula tak boleh terputus.

Hal yang perlu di lihat dari penyedia layanan web hosting adalah sbb:

Penting sekali untuk memilih web hosting

Bisa dipercaya. Layanan dari perusahaan yang berbadan hukum, dan telah memiliki banyak pelanggan  adalah pilihan untuk ini.

Khususnya ini untuk Anda yang memilih layanan berbayar untuk menjalankan website profesional. Pastikan Anda tidak dirugikan. Dan pilih layanan dengan dukungan customer sevices yang cepat tanggap dan bahasa yang bisa Anda mengerti.

Peraturan. Pastikan aturan yang diberlakukan oleh penyedia layanan web hosting sesuai dengan aktifitas yang akan dijalankan, maupun konten dan layanan yang Anda sediakan di website.  Untuk pengguna gratis harus lebih seksama akan ini, umumnya peraturan hosting gratis lebih ketat dan membatasi.

Menyewa layanan hosting seperti halnya menyewa kamar kost. Jangan biarkan situs web Anda tinggal di lingkungan yang buruk. Sebuah layanan hosting dapat mempengaruhi penilaian untuk situs Anda.

Jangan gunakan layanan yang umum digunakan oleh kebanyakan pelaku kejahatan internet, atau pelaku tindakan ilegal. Alasan sederhana, mereka akan menyamaratakan situs Anda seperti kebanyakan situs web yang buruk itu.

Dan pilihan secara teknis

Disk Space.

Ini adalah kapasitas ruang penyimpanan yang diberikan kepada Anda. Seperti halnya besaran nilai hardisk di komputer. Pastikan ini cukup dengan kebutuhan website yang akan Anda jalankan.

Tahap awal memulai jika Anda akan menjalankan WordPress atau Joomla, pilihlah yang di atas 200mb. Ini untuk bagian paling dasar.

Sejalan dengan pertumbuhan website nantinya Anda memang akan butuh penambahan ruang penyimpanan.

Kuota Bandwidth.

Suatu layanan web hosting juga berkemungkinan memberi nilai maksimum penggunaan kuota internet. Untuk website yang ramai pengunjung tentu membutuhkan kuota internet lebih.

Pastikan kuota internet akan sesuai dengan jumlah pengunjung. Dan beban pemuatan halaman Anda rata-rata. Situs web yang didominasi teks akan memiliki beban muat yang kecil dibanding situs yang berisikan banyak gambar atau vidio.

Kita coba sebuah hitung-hitungan. Bila halaman website Anda setelah optimasi rata-rata berukuran 500kb. Sementara rata-rata sehari website Anda tampil sebanyak 2.000 kali, maka kebutuhan bandwidth Anda perbulan tidak dapat kurang dari 30gb.

Untuk memulai, hingga website berkembang, kuota 15gb perbulan dari layanan gratis  cukup untuk website Anda. Namun ketika pengunjung mencapai lebih dari 500 perhari. Segera berpindah ke kuota yang lebih besar. Sebelum Anda terkena pembatasan.

RAM.

Seperti halnya komputer atau smartphone Anda, web hosting akan menjadi lebih baik dengan RAM yang besar. Pengunjung yang mengakses situs web Anda merasakan kelancaran.

Untuk membuat website ukuran kecil RAM di atas 150mb sudah cukup. Namun seiring perkembangan website Anda akan membutuhkan yang lebih.

Resource CPU.

Ini adalah sumber daya komputasi website Anda. Pada jenis hosting bersama, diistilahkan shared hosting, satu sumber daya akan digunakan bersama.

Anda harus perhatikan aktifitas website. Ketika Website Anda menggunakan CPU terlalu besar melebihi yang diijinkan penyedia layanan, kemungkinan akan disarankan melakukan peningkatan.

Khususnya untuk hosting gratis, dengan pertumbuhan website, tingkat kesibukan akan bertambah. Saat itulah Anda akan butuh berpindah dari paket gratis ke berbayar untuk mendapatkan sumber daya komputasi lebih.

***

Banyak layanan hosting yang menawarkan harga murah bahkan gratis, namun pastikan apa yang tersedia sesuai untuk situs web yang akan Anda jalankan.

Anda dapat melihat tentang hosting gratis yang cukup baik dan powerfull disini: Cara Mendapatkan hosting gratis

 

Alternatif lainnya agar Anda dapat memiliki situs web tanpa repot menimbang sumber daya server silahkan ikuti disini:

 

Berharap post tentang web hosting ini dapat memberi mamfaat. [mk|end]



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




2 Balasan kepada “Layanan Web Hosting Untuk Pemula – Guide”

  1. Wiiihhh lengkap ya penjelasannya. Sya juga lagi bingung nih, cari penyedia web yg pas. Rencannya sih mau ganti blogspot ke. Com. Baca di atas jadi tau bedanya hosting sma domain. Tks ilmunya

    1. Salam, Bu Bella Agmia

      Senang sekali catatan ini bisa bermamfaat untuk yang lain.
      Dan blog agmiabella.blogspot.com yang gaya penuturannya berbeda dari blog lainnya jika pakai domain TLD tentu semakin keren.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *