Gambar Untuk Posting Blog – Penunjang Optimasi

Gambar untuk posting blog mempunyai peran yang cukup penting dalam optimasi. Gambar tak hanya sekadar mencukupkan keindahan bagi artikel dan menyenangkan penulis artikel, tapi diharapkan mampu memiliki daya pikat.

Gambar Untuk Posting Blog

Gambar untuk posting blog sebagai bagian dalam artikel maupun bagian luar artikel dapat membantu optimasi.

Setiap artikel, selain judul dan metadeskripsi secara khusus pada tempat-tempat tertentu akan diperkuat oleh gambar sebagai pengantar awal.

Sebuah kutipan:

Satu gambar dapat mewakili banyak kata namun satu kata dapat merubah seluruh cerita pada gambar. Click To Tweet

Ini dapat kita mamfaatkan untuk menarik calon pengunjung agar benar-benar melakukan klik dan mengunjungi halaman. Selanjutnya mempertahankan durasi pembaca di halaman, dan harapan setelahnya menjadikan pembaca sebagai returning visitor.

Gambar-gambar Untuk Postingan Blog

 

Beberapa posisi gambar artikel:

Featured image

 

Sebutan lainnya adalah gambar banner atau gambar utama.  Ini adalah gambar ukuran besar yang biasa ditempatkan pada bagian atas halaman artikel.

Featured image dalam disain/ templating akan berada di luar post area namun tetap dalam  loop dan bersifat individual. unik untuk masing-masing publikasi.

Tidak semua sistem publikasi konten menyediakan pengelola featured image. Dan sifat dari featured image memang adalah dengan low priority. Beberapa pemilik situs lebih menekankan pada penggunaaan gambar di dalam artikel dibanding featured image.

Apabila menggunakan featured image diharapkan menggunakan gambar dengan dimensi yang benar-benar memadai. Ukuran kejernihan yang tinggi.

Ukuran lebar landscape gambar harus dapat  memenuhi layar, jadi pertimbangannya harus menyesuaikan target penggunaan layar.  Jika halaman dirancang untuk pengguna layar hingga 1366px, maka ukuran 1366px adalah lebar minimum gambar. Penargetan khusus seluler cukup 800px.

Featured image lebih sering digunakan pada disain yang menggunakan corousel di homepage-nya.

First Image

 

First image adalah gambar pertama. Berada dalam post area, areal posting artikel. Gambar ini adalah gambar awal di setiap posting artikel. Paling umum diposisikan sebelum paragraf pertama. Namun tidak harus.

Gambar pertama artikel sering kali mengambil ruang penuh post area, orientasi landscape. Perbandingan dimensi paling ideal adalah 4:3 misal ukuran 320*240, 640*480, 1024*768 dan bersifat responsif.

Ada juga yang menggunakan gambar dengan perbandingan dimensi 1:1 dan menempatannya dengan span right (bentuk teks wraping). Akan ada teks bersebelahan dengan gambar.

Mereka yang telah menggunakan featured image mungkin lebih memilih span right. Dan sangat baik bila menggunakan aturan responsif, dimana gambar akan berdiri sendiri (tidak lagi teks wraping) pada ukuran layar kecil.

 

***

Pertimbangan dari gambar awal dan juga featured image adalah seringkali sistem menggunakannya sebagai post thumbnail. Bentuk thumbnail yang persegi, 1:1 mengharuskan first image dan featured image melakukan penyesuaian.

Untuk yang menggunakan span right dengan gambar beratio 1:1 tentu tidak menjadi masalah lagi karena dia telah sesuai dengan sendirinya.

Namun untuk gambar landscape harus menggunakan strategi sederhana ini dalam pembuatan gambar.

Membuat Gambar Posting Blog

  1. Sebagai pengisi ruang penuh gambar gunakan latar.
  2. Latar dapat berupa full single color selain putih, gradasi ataupun tekstur.
  3. Fokuskan item utama gambar untuk ditampilkan di tengah dan usahakan tetap utuh dalam bentuk potongan persegi.
  4. Gunakan item utama gambar kontras dengan warna latar, jika tidak, diharapkan dapat menggunakan outer shadow dan outline.

Dengan strategi seperti ini, jika sistem menampilkan featured dan gambar awal dalam bentuk potongan di banyak tempat  dia tetap memperlihatkan fokus tema gambar tersebut, yang telah dirancang berada di tengah.

Image Thumbnail

 

Thumbnail adalah bentuk mini dari  gambar. Ini dapat merupakan bentuk utuh dalam ukuran kecil, namun tak jarang dia akan berupa potongan persegi.

Thumbnail adalah gambar yang akan tampil dibeberapa cuplikan, seperti  mendampingi deskripsi pada fitur sharing social, menyertai excerpt pada home page, post widget, maupun index page.

Thumbnail di beberapa sistem dapat ditentukan dengan mudah sehingga dapat membuat gambar khusus untuk thumbnail yang berdiri sendiri. Namun demi kemudahan, dimana thumbnail sering diambil dari featured image dan first post secara otomatis maka featured image dan first post sebaiknya dirancang untuk berfungsi maksimal ketika terpotong sebagai thumbs.

SEO DALAM MENULIS ARTIKEL

Point penting untuk penerapan SEO dalam menulis artikel. Dengan mempertimbangkan teknologi semantik pada algoritma mesin pencari dan pelacakan mendalam yang diberlakukan mesin terhadap pengalaman pengguna.

Lebih lanjut

 

Cara Lengkap Menulis Blog

Menulis Blog – Kami Ulas Lengkap Di Sini. Blogging Berbeda Dengan Kepenulisan Media Lainnya. Apakah Anda Baru Memulai Atau Akan Memindahkan Tulisan Ke Blog?

Lebih lanjut

Ilustrasi Dan Infografis Artikel

 

Di dalam artikel sangat baik memberikan infografis maupun ilustrasi yang akan membantu pemahaman pengguna/ pembaca. Artikel yang berat bisa terasa lebih mudah dipahami dengan bantuan infografis dan ilustrasi.

Untuk ukuran infografis maupun ilustrasi bisa sangat bebas. Sekalipun sering pilihan jatuh pada gambar orientasi landscape namun tidak tertutup kemungkinan menggunakan bujur sangkar ataupun vertikal.

Ilustrasi dan infografis selain untuk menunjang materi, berfungsi juga untuk memberi jeda bagi pembaca. Memahami bahwa membaca, terkhusus sekali dengan perangkat elektronika akan memberi kelelahan, dengan adanya gambar di dalam akan memberikan rasa nyaman kepada pembaca.

Beberapa lembaga survey telah membeberkan bahwa dengan adanya jeda antara sekumpulan paragraf menggunakan gambar salah satunya, lebih meningkatkan durasi pembaca dibandingkan hanya spasi baris saja.

Ini bisa menjadi pilihan sangat baik untuk mempertahankan pembaca, dan saran untuk ini di banyak tempat dinyatakan dalam priority medium.

Bentuk penggunaan  banyak ilustrasi sering di jumpai dalam artikel berbentuk listicle, beberapa gambar ilustrasi juga dapat mensiasati konten tipis. Tidak begitu terasa menjadi sebuah tulisan pendek sekalipun hanya ++150 hingga ++300 word.

Sebuah tulisan pendek bisa menggunakan kekuatan. Dalam hal ini post yang dibuat untuk blog tak sekadar konten teks, ia menjadi konten campuran, teks dan image.

Ukuran Ideal Gambar Untuk Posting Blog

 

Secara umum gambar sebaiknya diberikan aturan responsif, dimana dia akan melakukan penataan yang berbeda-beda menyesuaikan dengan view port. Untuk ini penting memberikan css rule image responsif di dalam disain theme.

Ada kalanya setelah memberikan css rule masih belum memberikan hasil yang maksimum untuk tampilan gambar. Ini disebabkan perbandingan gambar yang sangat jauh dari ukuran biasa.

Ukuran standard penampil / layar elektronik menggunakan perbandingan 4:3. Dan dunia elektronika maupun komputer kecenderungannya menggunakan kelipatan 32. Disain tema akan menyesuaikan untuk ini, sehingga konten yang akan dibungkus juga mesti menyesuaikan.

Sasaran tampilan gambar untuk landscape biasanya menuju lebar 320px, 640px, 768px, 1024px, 1366px. Untuk tinggi adalah ¾ dari lebar yang digunakan.

Untuk penyesuaian agar tetap dalam keadaan maksimal sebagai thumb maka lebar ruang gambar akan dibagi 8, dan paling banyak hanya 6 bagian di tengah yang digunakan sebagai item utama. 1 bagian kiri dan 1 bagian kanan biar terisi oleh latar.

 

Atribut Gambar Untuk Posting Blog

 

Hingga sekarang tenologi semantik masih belum benar-benar mampu menerjemahkan gambar maka perlu teks untuk membantu pemaksimalan gambar. Pada HTML gambar perlu ditambahkan atribut guna memperjelasnya.

Paling utama dari atribut gambar adalah bagian teks alternatif, teks alternatif adalah teks pengganti gambar di suatu keadaan, dan juga adalah teks yang pertama digunakan mesin untuk mencatat/mengartikan gambar tersebut.

Banyak orang yang menggunakan ini sebagai salah satu tempat untuk meletakkan fokus keywordnya.

Tambahan adalah caption pada gambar untuk posting blog, caption ini adalah keterangan gambar yang tampil secara default. Bisa digunakan untuk memberikan credit (penggunaan gambar dari sumber lain cukup dengan memberi caption link mati, tidak harus memberikan cara penautan menuju sumber).  Selain itu bisa juga sebagai deskripsi singkat untuk gambar.

Dasar-dasar Optimasi Mesin Pecari

Catatan Lengkap Dasar Optimasi Mesin Pencari Untuk Pemula Yanng Awam Sekalipun. Cocok untuk Anda Yang Sedang mencari Bahan Maupun Ingin Tahu Selengkapnya.

Lebih lanjut

 

Link dan Cara Tampil Gambar Untuk Posting Blog

 

Selain gambar tampil pada artikel yang menjadi bagian artikel, gambar dapat pula diberi sentuhan pengkodean untuk pemaksimalan.

Seperti contoh:

Lazy load/ delay

Ini adalah cara menunda pemuatan gambar, guna menghindari pemuatan langsung bersamaan dengan konten lain di halaman. Ini akan meringankan pengguna ketika membuka halaman dengan gambar di dalamnya.

Konten lain seperti teks akan lebih dulu dimuat secara penuh di halaman sampai halaman tampil dengan susunan yang baik.

Baru setelah itu gambar dimuat secara tunda, diawali dengan resolusi rendah sebelum menuju gambar bentuk asli, dan dapat juga gambar dimuat hanya ketika pembaca menggulir halaman hingga placeholder gambar atau screen view mendekati placeholder gambar.

Halaman website seolah terasa ringan dimuat.

Click Zoom

Memberikan fitur click zoom bisa membuat gambar tampil secara khusus, akan bermamfaat untuk gambar dengan ukuran besar.

Kita dapat menyajikan gambar ukuran besar (biasanya peta/ infografis beragam jenis lain) dalam ukuran awal yang kecil. Setelah pengguna melakukan click maka dia akan menampilkan bentuk aslinya. Dapat tampil dengan khusus di halaman yang sama, maupun membukakan-nya di halaman individual.

Menggunakan image spoiler

Ini adalah cara lama untuk mengatasi banyak gambar. Gambar akan disimpan dalam spoiler, berupa gulungan.

Gambar tidak akan tampil sebelum pengguna melakukan klik pada tombol khusus yang tersedia. Namun ini sudah jarang digunakan, dan lazyload adalah alternatif yang lebih baik.

 

Mengatasi Beban Loading Gambar

 

Gambar yang ditempatkan pada halaman situs/ blog dapat meningkatkan ukuran total halaman sehingga memberatkan pengguna ketika membuka halaman.

Beberapa upaya dapat dilakukan agar tetap menyenangkan pada pengguna/

Seperti contoh:

Penggunaa lazy load untuk menunda loading halaman.

Melakukan kompresi dengan tool khusus agar ukuran gambar dapat menjadi minimal dengan penurunan kualitas sesedikit mungkin.

Memaksimalkan pengiriman/ distribusi gambar melakui jaringan distribusi konten. Ini khusus blog yang melakukan hosting file sendiri guna memaksimalkan kecepatan akses.

 

***

Catatan gambar untuk posting blog selesai di sini, selanjutnya kami akan terus melakukan update untuk bahasan sejenis. |mk-end|

 



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *