Cara Seting Domain TLD Dan Fungsi Record DNS

Anda akan segera menjadi mahir dalam seting domain beberapa saat lagi.  Memahami setiap fungsi-fungsi record DNS, cara pointing ke server hosting dan menjaga bagaimana semua berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Seting Domain

Ketika Anda membayar untuk sebuah Top Level Domain, selain memiliki nama domain sekaligus panel untuk seting domain akan tersedia. Disinilah permulaan untuk melakukan pengelolaan domain.

Belum punya domain untuk bahan praktik? Ikuti Cara mendapatkan domain dan web hosting gratis.

Point penting utama untuk pengaturan domain adalah pada kendali name server (NS).

Seting Domain: NAME SERVER

 

Bagian utama dari kendali domain. Layanan registart maupun perwakilan dimana Anda mendaftarkan nama domain Anda akan menyediakan default name server berupa serangkaian alamat untuk mengarahkan pengaturan domain.

Pastikan kolom isian name server terisi dengan serangkaian name server yang diberikan penyedia layanan Anda. Dengan ini maka DNS record yang tersedia dapat digunakan.

Jangan khawatir bila Anda belum mengatui tentang record DNS, di bagian selanjutnya dari tulisan ini Anda akan segera memahaminya.

Terdapat juga artikel lainnya tentang: Membuat Website

Penggunaan name server memiliki opsi, selain default yang diberikan, Anda memungkinkan untuk mengisi serangkaian name server lain. Namun dengan cara ini berarti Anda mengalihkan DNS record ke tempat lain pula. Pengaturan DNS yang tersedia dalam panel kendali Anda tidak akan berfungsi.

Bila menggunakan cara kedua berarti untuk membuat catatan DNS harus ke panel yang terkait dengan name server tersebut.

Dimana Anda mendapatkan name server untuk diisikan ke bagian input name server ini?

 

Default. Layanan penyedia domain Anda memberikan beberapa name server untuk mengaktifkan DNS record yang tersedia pada panel di member area. Dengan memastikan name server yang diberikan registart domain telah terisi di bagian pengaturan name server barulah record DNS dapat berfungsi.

Web Hosting. Bila Anda membayar layanan web hosting maka berikut name server juga akan diberikan. Serangkaian name server yang diberikan oleh penyedia layanan hosting adalah untuk menghubungkan domain dengan web hosting yang Anda bayar.

Untuk pembelian paket hosting beserta domain berkemungkinan Anda tidak perlu melakukan seting apapun pada bagian ini. Penyedia layanan telah memberlakukannya sebagai default.

Pengaturan ini dengan sendirinya mengalihkan record DNS, panel hosting yang akan mengambil alih pengaturan DNS. Di istilahkan juga mengisi add on domain.

Layanan pihak ketiga. Anda mungkin menggunakan layanan khusus yang berdiri sebagai perantara (MIM) antara domain dan server hosting. Seperti contoh Cloudflare, layanan ini akan memberikan Anda name server mereka untuk diisikan.

Dengan menggunakan nama server dari pihak ketiga ini, maka pengaturan DNS akan menggunakan record/ catatan yang akan  Anda buat di panel DNS record pihak ketika.

Kesimpulan untuk name server

 

Name server dapat dianalogikan catatan yang berisi mandat, untuk memberitahukan sistem  mana yang akan mengatur domain Anda.

Name server adalah beberapa nama server yang merupakan rangkaian, tidak digunakan dengan mencampur name server dari satu pihak dengan name server dari pihak lain. Jumlah name server untuk diisikan bisa beragam, bisa dengan 2 name server, ataupun 4 name server yang harus di isikan.

Sebuah layanan penyedia nama domain harus memberikan Anda akses untuk melakukan pengaturan name server. Tinggalkan layanan yang tidak memberikan Anda akses ke fitur ini.

 

Seting Domain: Child Name Server

 

Child name server, mungkin juga ditemukan dengan sebutan lain seperti child name, custome name server dan lainnya.

Child name adalah optional, bukan sesuatu yang pokok dalam seting domain. Anda boleh mengabaikan pengaturan ini. Barangkali layanan tempat Anda membayar nama domain tidak menyediakannya dan ini bukan permasalahan.

Fungsi dari child name lebih kepada kustomasi. Sejatinya child name adalah memberikan nama baru untuk name server yang sudah ada dengan prefix domain Anda sendiri. Serupa dengan sebuah nama alias untuk pengganti saja.

Cara mengatur child name server

 

Untuk mengisi kolom pada child name server dibutuhkan alamat IP (IP address) dari name server. Anda dapat menggunakan tool lookup maupun list ip name server yang tersedia secara online. Alternatif lain, dengan mudah Anda dapat melakukan ping melalui cmd (windows) atau terminal (linux) ke name server tersebut dan melihat ip addressnya tercantum.

Untuk name server sendiri adalah prefix dari domain Anda. Contoh untuk domain memokecil.com dapat membuat name server sbb: ns1.memokecil.com kemudian ns2.memokecil.com.

Dengan isian pada child name server sbb.

ns1.memokecil.com | 200.200.200.001 <= Alamat IP name server asli pertama.

ns2.memokecil.com | 200.200.200.002 <= Alamat IP name server asli kedua.

 

Prefix yang digunakan bebas, hanya perlu untuk memastikan bahwa prefix tersebut bukanlah yang akan Anda gunakan nanti sebagai subdomain.

Lakukan pointing setiap prefix domain yang ingin Anda gunakan ke alamat IP masing- masing name server. Cukup mudah, Anda hanya perlu mengisikannya secara berurutan pada dua bagian kolom yang tersedia, kolom nama dan kolom alamat ip.

Setelah membuat child name server ini, Anda harus memasukkan ke kolom isian ‘name server’. Kolom isian yang dijelaskan pada awal.

Meski name server Anda sekarang berbeda, namun ini adalah alias dari name server yang Anda kustomasi. Artian lain, name server Anda yang baru ini akan berfungsi sama seperti name server yang dirubah.

Seting Domain: DNS Record

 

DNS record adalah area untuk mengisikan pencatatan DNS, di sinilah Anda akan mengarahkan nama domain secara spesifik, baik untuk membuat subdomain, mengaitkan domain dengan server mail dan lainnya.

Terdapat beberapa cara pencatatan dan masing-masingnya akan memiliki fungsi tersendiri. Baik sekali untuk mengetahui masing-masing fungsi ini sehingga dapat memamfaatkannya dengan baik guna mengelola domain yang Anda miliki.

Record DNS: A record

A Record adalah cara mengarahkan domain ke server (pointing) dengan alamat ip. Selain root/ akar domain, subdomain juga memungkinkan untuk dilakukan pointing ke alamat ip server tertentu.

Disini anda membutuhkan alamat  ip server. Alamat ip adalah alamat-alamat yang disediakan server hosting Anda.

Lalu membuat subdomain sesuai keinginan (atau kosongkan bila Anda akan melakukan pointing akar domain)

Seperti contoh:

A Record | www | 200.200.200.200 <= Prefix www akan diarahkan ke server dengan ip tersebut

A Record |  *  | 200.200.200.200 <= domain akar tanpa www akan diarahkan ke ip address yang sama dengan sebelumnya.

A Record | blog| 200.200.100.100 <= Subdomain  akan diarahkan ke ip 200.200.100.100

Record DNS: Cname Record

 

CName adalah alternatif lain menngarahkan domain. Anda dapat membuat subdomain dan mengarahkan ke server tertentu. Namun akan berbeda dengan A Record, disini adalah pencatatan kanonik, nama lain.

CName akan mengganti nama lain dari sebuah host. Semisal: ghs.google.com untuk diakses dari subdomain.

Contoh kasus 1

 

Anda telah mengarahkan domain www dan akar domain ke sebuah server hosting dengan melakukan pointing IP address. Seperti www.memokecil.com dan memokecil.com akan mengarah ke situs yang dihosting ke sebuah server yang terinstall CMS.

Anda bisa menambahkan blog Blogspot ke subdomain Anda.

CName | blog | ghs.google.com

 

Dengan ini alamat blog.memokecil.com akan mengarah ke ghs.google.com yaitu server hosting Google yang merupakan rumah bagi seluruh blog Blogspot. Mungkin Anda akan perlu melakukan penambahan CName record untuk verifikasi penautan ini. Dengan format berikut.

 

CName | code_verifikasi | code_server

Silahkan juga ikuti cara install wordpress di CPanel dan Panel Hosting Lainnya.

 

Contoh kasus 2

 

Anda ingin mengarahkan www dan non www ke satu blog di Blogspot

 

CName | www | ghs.google.com

 

Juga sekaligus CName untuk verifikasi.

 

CName | code_verifikasi | code_server

 

Jika seperti sebelumnya, untuk mengarahkan ke subdomain saja, hanya perlu membuat CName record, namun pada kasus ke-dua ini diperlukan Serangkaian A Record yang diarahkan ke server Google.

Setelah semua IP yang diberikan Google dituliskan pada A Record tanpa prefix barulah pengalihan akar domain (non www) dapat pengalihan ke www.

*note

Untuk penggunaan CName maupun  A Record adalah menyesuikan kebutuhan.

Ingin membuat blog Blogspot? Ikuti Cara Membuat Blog Blogspot

Bila yang Anda miliki adalah alamat IP server atau sekumpulan alamat IP server sebagai tujuan nama domain Anda maka harus dicatat sebagai A Record.

Dalam hal lain bila Anda memiliki sebuah nama host server maka catatan yang Anda buat dituliskan sebagai CName Record.

Atau Anda akan butuh menggunakan keduanya sekaligus untuk 1 website.

 

MX Record

 

Ini adalah cara pencatatan untuk server mail. Dengan catatan MX (mail exchange), berarti Anda menamai server email yang Anda gunakan dengan domain milik sendiri.

Contoh server email adalah dari layanan Zoho dengan server mail.zoho.com. Maka Anda akan membuat catatan berikut di DNS record.

 

mx| * |mail.zoho.com |200

 

SPF Record

 

Ini adalah sebuah kelengkapan untuk melakukan verifikasi lalu lintas data.  Pengesahan. Sifat dari perekaman ini hampir menyerupai konsensus dari sistem-sistem yang akan melakukan pertukaran data.

Ketika menjadikan domain Anda sebagai domain untuk email, maka pencatatan ini penting. Cara pencatatan harus sesuai dari apa yang disyaratkan layanan guna memastikan email yang dikirimkan lolos penyaringan dan diterima oleh server lain untuk diteruskan ke alamat pengguna yang dituju.

Contoh penulisan spf record:

Spf | Include bla bla bla  <= Sesuaikan dengan data include yang diberikan layanan host email.

 

TXT record

 

Txt Record adalah tambahan untuk pencatatan-pencatatan khusus. Beberapa cara verifikasi layanan untuk terhubung dengan domain Anda mungkin meminta pencatatan khusus pada txt record.

Alih-alih dari penggunaan CName Record sebagai cara verifikasi, TXT record juga banyak digunakan untuk verifikasi kepemilikan domain untuk terhubung ke suatu layanan.

TXT Record dapat menjadi alternatif untuk SPF Record jika panel Anda tidak menyediakan SPF record. Tambahan pencatatan DKIM untuk kelengkapan email server juga dapat dituliskan dengan TXT Record.

***

Cara penyajian tanpa screenshot kali ini adalah untuk menghindari keraguan dikarenakan masing-masing panel kendali akan beragam bentuk tampilan. Sehingga di sini kami lebih ingin memberikan nilai/ value dan item yang perlu diinput.

Point-point dasar seting domain ini akan mudah dipahami dengan praktik langsung, atau sambil melihat panel pengaturan domain Anda. Silakan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau hubungi kami untuk bantuan.  [mk|end]



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya




4 Balasan kepada “Cara Seting Domain TLD Dan Fungsi Record DNS”

  1. Does your site have a contact page? I’m having a tough time
    locating it but, I’d like to shoot you an email. I’ve
    got some suggestions for your blog you might be interested
    in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it develop over time.


    Apakah situs Anda memiliki halaman kontak? Saya sedang mengalami masa-masa sulit
    menemukannya, tetapi saya ingin mengirim email kepada Anda. Saya sudah
    mendapat beberapa saran untuk blog Anda yang mungkin Anda minati
    dalam pendengaran. Dan juga, blog yang hebat dan saya berharap untuk melihatnya berkembang seiring waktu.

  2. I have been surfing on-line greater than three hours these days,
    yet I never discovered any fascinating article like yours.
    It is pretty price enough for me. Personally, if all
    site owners and bloggers made good content material as you did, the
    net will probably be much more useful than ever
    before.


    Saya telah berselancar on-line lebih dari tiga jam hari ini,
    namun saya tidak pernah menemukan artikel yang menarik seperti milik Anda.
    Itu cukup harganya bagiku. Secara pribadi, jika semua
    pemilik situs dan blogger membuat konten yang bagus seperti yang Anda lakukan,
    net mungkin akan jauh lebih berguna daripada sebelumnya
    sebelum.

    Buka di Google Terjemahan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *