Ulasan Lengkap – Bagaimana Menulis Blog

Menulis blog akan memiliki beberapa perbedaan dari menulis untuk media lainnya. Perlu adaptasi dari cara penyajian, maupun pemformatan menulis yang biasa digunakan.

Selain bagaimana menyajikan konten blog berfamfaat bagi pengunjung, tugas lain adalah mempertimbangkan cara kerja robot di internet juga besarnya volume pencarian. Dan ini harus seimbang.

Dengan sedikit penyesuaian, hanya sedikit saja. Apakah Anda mulai membuat tulisan baru, atau memindahkan artikel dan tulisan lainnya yang sudah ada ke dalam blog? Mari kita lihat.

KATA KUNCI DALAM MENULIS BLOG

Hampir semua jenis tulisan memiliki kata kunci di dalamnya. Media apapun. Kata kunci mungkin mengambil dari trend, jargon maupun pertimbangan di sisi psikologi dan sosial.

Pada tulisan untuk konten blog, kata kunci yang digunakan akan sangat penting. Tak hanya oleh manusia namun juga robot. Kata kunci menjadi salah satu spesifikasi, menentukan dimana nantinya halaman blog ditempatkan oleh mesin pencari.

Fungsi lain kata kunci termasuk menjadi cara penentu, bagaimana halaman blog akan ditemukan oleh pengguna mesin pencari. Diistilahkan dengan search term. Apakah berada pada term pencarian dengan vlume tinggi atau tidak, dan besarnya tingkat persaingan keyword yang mesti disiasati.

Berdasar saran dari para pakar—termaktup di dalam tool optimasi yang mereka kembangkan—dapat disimpulkan bahwa:

Kata kunci memiliki lokasi penempatan strategis di dalam tulisan, termasuk juga pada metadata tulisan tersebut.

Kata kunci mesti divariasikan. Bisa mengambil padanan kata, turunan yang lebih spesifik, maupun kata-kata berkaitan.

Penggunaan kata kunci yang ditujukan agar mendapat penilaian baik dari mesin pencari untuk suatu term, jangan sampai mengabaikan kenyamanan manusia yang akan membaca.

Memaksakan penggunaan kata kunci yang sama secara berlebihan pada bagian-bagian tulisan blog akan membuatnya menjadi tulisan yang kurus.

Hal terkait kata kunci dan memaksimalkannya dalam penyajian konten menjadi suatu kajian pokok dalam internet marketing, khususnya copywriting. Sementara disainer dan programer menjadikannya suatu aspek yang penting di bidang mereka.

Penulis blog juga perlu mendalami lebih jauh mengenai optimasi untuk hal ini.

Kita masuk ke judul dan bahas tuntas tentang judul posting blog. Di sini... Click To Tweet

MEMBUAT JUDUL TULISAN UNTUK BLOG

Mungkin umum dalam kepenulisan kita disarankan menulis sampai selesai baru memberikan judul. Sementara di dalam menulis blog ini akan berbeda.

Judul artikel ataupun judul jenis tulisan lainnya di blog adalah hal yang dibuat lebih dulu, walau pada akhir nanti akan dilakukan penyuntingan demi penyesuaian.

Judul tulisan blog adalah hasil pengembangan niche. Judul ditentukan lebih awal karena judul akan menjadi tema tulisan dengan sendirinya.

Biasanya sebelum membuat tulisan penulis telah merancang beberapa alternatif judul. Judul dibuat dari topik yang biasanya sangat luas, lalu dipersempit agar fokus.

Judul dirancang dengan pertimbangan nilai kata kunci dan keberanian untuk bersaing. Kemudian juga akan ditambah kata-kata yang memberi sugesti.

Daya tarik judul mesti dapat bekerja dalam hitungan sepersekian detik. Click To Tweet

Judul harus memiliki kekuatan daya tarik tinggi yang dapat bekerja dalam hitungan sangat singkat dalam mempengaruhi calon pembaca.

Calon pengunjung blog hanya membutuhkan sedikit waktu untuk memutuskan mereka jadi mengunjungi atau melewatkannya. Tanpa daya tarik, waktu yang sangat singkat itu tak akan membuat seseorang memutuskan berkunjung ke laman blog tertentu. Mengingat banyaknya persaingan di halaman hasil pencarian. SERP.

Judul juga mesti menarik perhatian, dan memberi sugesti.

Bagian pertama yang muncul dari sebuah tulisan di banyak tempat adalah judul. Judul disertai link menuju halaman tulisan. Pastikan judul menarik agar halaman segera dikunjungi banyak orang. Mereka melihat judul, berupa sepotong kalimat, menjadi tertarik atau penasaran….

Dan segera mengunjungi halaman Anda.

Namun dalam hal ini jangan membuat kebohongan dalam judul untuk menarik minat banyak orang. Beberapa modus penulis blog membuat judul yang wah sementara isi tulisan dalam blog tidak sesuai dengan itu. Efeknya akan terjadi peningkatan bounce rate.

Bounce rate dapat diartikan “besaran tingkat pantulan balik”. Ini adalah nilai perbandingan antara banyaknya sebuah laman web dikunjungi dengan seringnya pengunjung meninggalkan laman tersebut dalam waktu yang sangat singkat.

Semakin tinggi angka persentase bounce rate semakin rendah penilaian untuk keseluruhan laman web di situs tersebut. Urutan posisi di mesin pencari menjadi gemuk. Turun rangking.

Bentuk  judul postingan blog mempengaruhi bentuk tulisan

Memilih model judul blog bisa memberi pengaruh pada tulisan itu sendiri karena mereka harus memiliki kesesuaian. Sebagai contoh:

JUDUL MODEL INDEKS

Memberikan angka pada judul untuk menyebutkan jumlah isi materi yang dibahas dalam tulisan. Ini memberi sugesti kepada calon pembaca bahwa mereka akan mendapat jumlah tertentu.

Mesti sejalan dengan isi tulisan nanti bahwa tulisan harus dibuat model listing. Persaingan akan terjadi dengan jumlah terbanyak untuk mendapat pembaca terbanyak.

Contoh aplikasinya: “10 Aplikasi Bla Bla Bla“ dan untuk menyaingi “20 Aplikasi Gratis Bla Bla Bla”

JUDUL MODEL ASKING

Memilih model Asking berarti bertanya pada judul dan memberi jawaban sebagai penyelesai pada isi tulisan. Tulisan yang dibuat akan menjadi jenis panduan/ tutorial.

Pendekatan ini adalah  membuat judul menyerupai pertanyaan. Apa, dimana, bagaimana, kapan atau siapa.

Banyak orang-orang mencari jawaban atas permasalahan dengan menuliskannya di mesin pencari. Inilah kesempatan, buat pertanyaan yang banyak digunakan orang, beri mereka jawaban.

Contoh aplikasinya: “Bagaimana Membuat Bla Bla Bla” dan untuk menyainginya “Bagaimana Membuat Bla Bla Bla Secara Cepat Dan Murah”

Judul adalah lokasi strategis untuk menempatkan kata kunci.

Meski judul menjadi lokasi penempatan kata kunci, namun tidak dapat dijadikan lahan menumpuk banyak kata kunci sekaligus.

Efeknya… Jangankan menjadi unggul dalam search term yang beragam, justru terjadi ambiguasi, tulisan keluar dari target kata kunci atau dengan teknis lain bisa dianggap rekayasa kata kunci.

Kata kunci yang terdapat pada judul harus dicarikan padanannya

Karena akan digunakan secara berulang di dalam isi tulisan nantinya, maka mencarikan padanan kata untuk kata kunci lebih baik. Penggunaan variasi lebih disarankan dibanding menggunakan kata yang sama secara berulang dalam mencapai jumlah tertentu untuk mencapai keyword density di dalam isi tulisan.

Dan alih-alih mengulang kata yang sama, lebih baik juga menggunakan variasi dengan longtail keyword dan relasi keyword. Cara termudah mendapatkan hal ini adalah mengetik kata kunci di pencarian google dan lihat saran pada autofill maupun saran pencarian bagian bawah di halaman hasil pencarian (SERP)

Mengingat bahwa kata yang terdapat pada judul akan diulang di dalam badan tulisan, maka akan membuat judul hampir sepadan dengan tema tulisan. Efeknya… Dalam blogging pilihan terbaik sebagai judul adalah sesuatu yang memang mampu untuk dikembangkan.

Judul tulisan tidak selalu dalam format heading h1

Ps* Bagian ini hanya diperiksa jika Anda ragu pada platform blog dan theme, ataupun tool yang terpasang di dalam blog Anda, juga ketika Anda melakukan edit tema. Secara standar para disainer dan programer telah merancang dengan baik.

Berdasar tatanan halaman atau lay-out, mesti dipastikan bahwa judul memiliki format heading yang variatif. Satu-satunya tempat untuk menampilkan judul dalam format heading h1 adalah ketika dia tampil sebagai individual, atau single page. Karena standar laman web sebaiknya hanya memiliki satu kali format heading h1 di tiap halaman.

Untuk disain tema profesional ini sudah menjadi standar, pada halaman awal (frontpage), Index, maupun search-result page dan lainnya jika bukan individual page, maka judul akan menjadi format h2 atau h3.

Silahkan lakukan inspeksi laman atau validasi jika ingin memastikan halaman blog Anda. Tinggal menekan tombol kanan mouse pada chrome browser, pilih inspect page dari menu yang tersedia.

Judul adalah identitas utama dari halaman unik.

Selain permalink, judul sebuah tulisan blog adalah identitas untuk sebuah laman web tunggal yang menjadi bagian dari satu situs web. Pastikan di dalam blog tidak terdapat judul yang sama atau istilahnya duplikasi.

Kesamaan judul bisa saja terjadi dalam bahasa berbeda, atau kemiripan judul karena Anda membuat series. Dapat berakibat buruk pada penilaian mesin pencari.

Untuk mengatasi jika kesamaan atau kemiripan ini memang harus terjadi adalah dengan menetapkan metadata kanon alternatif. Manajemen metadata untuk masing-masing kebutuhan bisa diserahkan pada plugin untuk  beberapa platform blog.

Metadata ini akan menjadi informasi yang menjelaskan kepada mesin bahwa laman web sebagai dokumen memiliki versi alternatif atau ragam, baik ragam bahasa, bentuk sekuel maupun versi medianya.

Semestinya kandidat untuk judul sudah dipersiapkan sebelumnya. Sudahkah Anda memulai blogging dengan sebuah perencanaan yang membuat segalanya lancar dalam jangka panjang? Simak: Perencanaan Untuk Memudahkan Kegiatan Blogging

MEMBUAT DESKRIPSI TULISAN

Cara Menulis Blog Berkualitas

Sebuah post di dalam blog akan dengan sendirinya memiliki deskripsi baik dengan sengaja dibuat ataupun tidak. Deskripsi sebuah blog juga akan beragam.

Deskripsi bisa berguna pada snippet, summary, excerpt dan lain-lain. Deskripsi adalah sebuah metadata bagi halaman blog apabila ditentukan.

Lainnya akan mengambil secara otomatis dari isi tulisan bila tidak ditentukan. Seringkali mesin pencari akan diambil adalah bagian awal dari tulisan.

Deskripsi penting untuk ditentukan sekalipun dalam beberapa kondisi system mungkin mendeskripsikan laman web Anda dengan cara mereka sendiri.Untuk beberapa system juga menetapkan cara penentuan deskripsi yang berbeda.

Contoh: Facebook dan Twitter memberlakukan meta tag khusus yang memungkinkan deskripsi laman berbeda untuk diberikan kepada mereka.

Deskripsi halaman posting merupakan salah satu yang juga bagus untuk menempatkan kata kunci yang diincar. Tapi tetap bukan ditumpuk.

Ini adalah bagian kedua setelah judul apabila tulisan tampil di tempat lain. Dia akan beriringan dengan judul untuk merayu calon pengunjung halaman. Bersinergi.

Seperti SPG-SPG cantik untuk sebuah toko.

Maka pastikan antara judul dan deskripsi menunjukkan kekompakan satu sama lain. Dan benar-benar cantik. Bisa pula deskripsi menjadi bagian untuk memperjelas judul.

Kami juga telah memiliki post tentang basic optimization knowlarge for contentwritter:  SEO untuk penulis artikel

Beberapa kemunculan metadata deskripsi adalah sebagai berikut

Pada halaman hasil pencarian (SERP).

Apabila menggunakan perangkat SEO, atau platform blog secara default mendukung penambahan metadeskripsi, maka Anda bisa menetapkan deskripsi laman web Anda untuk ditampilkan pada SERP.

Pada social share.

Beberapa media social besar seperti Facebook dan Twitter dapat membaca sebuah metadata yang khusus ditujukan untuk platform mereka.

Sepotong kalimat di bawah judul menyertai cuplikan laman web. Ini dapat ditentukan, jika tidak dengan sendirinya akan mengambil metadata standar mesin pencari atau juga mengambil sendiri dari bagian situs, dan kadang tidak mengambil bagian yang tepat.

Pada bagian lain situs itu sendiri.

Metadata deskripsi bisa digunakan juga untuk tampil sebagai excerpt.

Ini adalah cuplikan yang kadang disebut juga summary selain excerpt. Akan dibuat secara otomatis apabila tidak ditentukan, secara otomatis maka akan mengambil bagian dari paragraf-paragraf awal tulisan.

Untuk mendapatkan penampilan yang optimal sebaiknya ditentukan. Sehingga cuplikan tulisan saat tampil di sidebar, index post terbaru, pencarian atau pada halaman arsip dapat dipilih yang terbaik.

MEMAKSIMALKAN PARAGRAF-PARAGRAF AWAL

Ketika seorang pengunjung blog mulai membaca paragraf awal, mereka hanya perlu beberapa detik sebelum menciptakan bounce rate pada laman situs web blog Anda.

Hal umum bagi pengguna internet adalah melihat pada bagian awal untuk apa yang dibutuhkan, atau yang diinginkan.

Jika mereka merasakan gelagat bahwa tidak akan menemukannya, dengan secepat kilat mereka beranjak ke halaman situs lain.

Maka perlu memberikan pengunjung suatu bayangan atau gambaran, bahwa apa yang mereka cari akan ada di dalam tulisan Anda. Semacam iming-iming tapi bukan janji palsu.

Cara paling baik adalah menggunakan epilog. Ini adalah kebalikan dari prolog, dimana pengguna internet lebih sering menciptakan bounce rate di sebuah tulisan yang menggunakan prolog dan kata sambutan yang sangat sopan. Sedikit saja berbasa-basi mereka akan segera click close tab.

Epilog dapat memberi gambaran isi yang terbaik dari bagian tulisan Anda. Berikan beberapa paragraf untuk epilog. Baru kemudian tulis permulaan tulisan.

Alternatif lainnya adalah tuliskan secara langsung apa hasil atau mamfaat yang akan didapat setelah orang membaca tulisan Anda. Biarkan itu ada di awal.

Berikan gambaran keuntungan sedini mungkin. Mereka lebih senang dengan keuntungan.

Pertimbangan lain, diketahui bahwa tidak semua platform blogging memiliki fitur penambatan metadata deskripsi. Bila ini terjadi maka paragraf-paragraf awal akan dengan otomatis dikutip menjadi deskripsi oleh suatu sistem. Maka peranan paragraf-paragraf awal akan jadi lebih besar.

PENATAAN PARAGRAF

Ini penting untuk diketahui, Anda mungkin harus melanggar konsep yang umum dalam dunia kepenulisan di bagian paragraf ini. Dimana kita saat menulis diharapkan membuat satu paragraf mempunyai isi yang komplit. Akibatnya paragraf menjadi panjang.

Sementara…

Membaca melalui media elektronik membuat mata lebih cepat lelah, biarlah sedikit melanggar aturan. Click To Tweet

Gunakan saja paragraf yang pendek, tidak sering membuat paragraf hingga lima baris apalagi melebihi itu. Mata pembaca butuh jeda dengan adanya ruang kosong yang membatasi.

Paragraf juga mungkin untuk dikelompokkan dan kelompok paragraf itu diberikan sentuhan gaya tersendiri. Seperti warna latar, gaya kartu dan lain-lain.

Dalam penataan tampilan juga penting memilih, bahwa lebar area primer cukup memadai, jangan terlalu sempit karena berkibat baris paragraf bertambah. Juga tidak terlalu lebar karena itu bisa membuat pembaca Anda geleng-geleng kepala terlalu sering.

Dalam hal ini jangan paksakan mengaktifkan template blog tiga kolom bila hasilnya ruang baca menjadi sempit. Namun jangan juga membiarkan terlalu besar ruang kosong untuk kiri dan kanan blog. Mereka membeli layar komputer yang besar sementara Anda hanya menggunakan ruang kecil di bagian tengah layar saja.

PEMFORMATAN HEADING DALAM MENULIS BLOG

Pembuatan konten website

Heading juga merupakan salah satu tempat penempatan kata kunci yang cukup baik. Tapi tidak disarankan memaksa setiap heading harus berisi kata kunci.

Apabila satu heading dalam tulisan telah memuat kata kunci maka selanjutnya biarkan terjadi secara alami.

Maksimalkan penggunaan heading namun tinggalkan heading h1. Click To Tweet

Pada bagian editor di banyak platform blog memang memungkinkan tersedia pemformatan heading H1. Tapi itu adalah fitur yang tidak boleh digunakan. H1 adalah format heading exclusive. Biarkan sistem mengatur sendiri.

Setiap halaman hanya boleh menggunakan satu heading h1, dan pada post blog itu sudah dimiliki oleh judul halaman.

Heading H2 dan selanjutnya dapat digunakan dengan bebas. Belum ada standar yang membatasi penggunaan H2 dan selanjutnya.

Persyaratan untuk penggunaan heading ini hanya perlu sifat runut. Mesti dipastikan bahwa tidak ada heading yang dilangkahi.Sebelum menggunakan heading H3 bahwa heading H2 sudah diterapkan. Begitupun bila menggunakan heading H4 pastikan itu berada dalam heading H3.

Heading sebagai pemisah

Selain fungsi heading yang umum digunakan dalam format penulisan media lain, dalam penulisan blog dapat menjadi pemisah beberapa kelompok paragraf.

Dalam saran optimasi pada sesi readibility sangat menekankan penggunaan heading dalam memberi jeda. Nilai maksimum ideal untuk setiap heading adalah 250 kata. Jika ternyata melebihi itu maka diharapkan dapat menambahkan subheading di dalamnya.

Pada disain template, di bagian css untuk typografi seorang disainer akan memberikan jarak yang cukup luas untuk wilayah sebelum dan sesudah heading. Kita bisa memaksimalkan fungsi ini.

Membaca tulisan di layar bercahaya (LCD maupun CRT) akan lebih cepat melelahkan mata dibanding pada buku. Tidak ada salahnya memberikan lebih banyak heading guna memberi jeda pada pembaca, sekalipun saat menulis untuk media cetak kondisinya belum mengharuskan penggunaan heading.

Untuk blog dan ebook ini akan berbeda dari media cetak butuh lebih banyak penyejuk mata.

Mungkin ada yang bertanya:

Bagaimana bila saya menyajikan tulisan di blog agar nantinya juga dapat dicetak?

Jangan khawatir, umumnya tema yang didisain oleh profesional telah menetapkan rule css yang berbeda untuk tiap query tampilan, termasuk query-print.

PILIHAN FORMAT HURUF

Ukuran huruf, warna dan jenisnya telah dirancang oleh tema. Maka memilih format ini adalah saat memilih theme /layout. Sesuaikan target pembaca dengan tema yang digunakan.

Apabila tulisan ditargetkan juga akan dibaca oleh mereka yang berusia di atas 30 tahun, percayalah mereka tidak menyukai huruf yang kecil dan warna yang tampak buram.

Apalagi target Anda untuk pembaca sampai yang berusia 40 tahun—umur yang sudah umum memakai lensa plus—perhatikan disain typografi yang benar-benar tidak akan menyiksa mata mereka. Umum sekarang pada disain tidak lagi menggunakan font di bawah 14px untuk paragraf dan font weight yang tegas.

Demi penyajian yang baik untuk tulisan, typografi dalam theme / layout sangat penting. Click To Tweet

Apabila ingin menggunakan pilihan lain, yaitu melakukan pengaturan font menggunakan pengaturan yang ada pada editor, sebaiknya ditandai. Ini dapat dilakukan dengan mencatat format yang Anda rubah, simpan dan gunakan catatan itu agar setiap penulisan mempunyai format yang seragam.

Bila menginginkan perubahan untuk default formating silahkan merubah disain tampilan/ layout blog Anda. Bila melakukan perubahan sendiri pada css perhatikan bahwa pada tema responsif rule dibuat berbeda-beda di tiap screen query, sesuaikan untuk semua query.

Pastikan alasan yang mengharuskan melakukan perubahan format huruf,  jika tidak ada, gunakan saja default. Melakukan perubahan format yang tidak perlu hanya membuat pecahnya konsentrasi menulis materi.

Yang terpenting dalam format yang tersaji adalah

  • Mudahnya tulisan dibaca
  • Berlawanan antara background dan warna tulisan
  • Warna tulisan tidak mencederai mata pembaca
  • Huruf dapat tampil dengan baik di setiap jenis perangkat.

Berikut juga tersedia relasi terkait SEO: Uraian Lengkap Dasar SEO Blog

GRAFIS DALAM TULISAN BLOG

Sebuah tulisan perlu dukungan grafis. Baik gambar ilustrasi ataupun infografis. Selain itu gambar juga pemberi jeda bagi mata pembaca.

Kami juga memiliki bahasan khusus mengenai gambar penunjang optimasi: Pemaksimalan gambar untuk optimasi artikel

Fungsi lainnya juga merupakan menarik kembali minat pembaca yang mulai lelah dalam membaca tulisan panjang.

Namun disini perlu pertimbangan, bagi sebagian pembaca dari indonesia meloading gambar yang terlalu banyak menjadi momok menyangkut pola hemat quota internet yang mereka terapkan.

Pastikan penggunaan media gambar di dukung oleh pengoptimalan.

Usahakan penggunaan gambar yang dikompresi dan gambar yang digunakan memang berkaitan dengan tulisan. Selain itu menggunakan metode delay dapat mengurangi beban awal loading halaman.

Contoh untuk ini adalah menerapkan script Lazy Load, fungsinya meloading gambar hanya saat area gambar telah tampil atau beberapa pixel dari screenview.

Mengenai optimasi. Gambar perlu diberikan data yang lengkap pada tag.

Alasannya adalah agar gambar dapat dimengerti mesin pencari dan juga dapat dibaca oleh alat pembaca layar.

Untuk ukuran gambar mungkin cukup bebas memilih perbandingan tinggi dan lebar ketika tampil di blog.

Namun perlu dipertimbangan ketika tulisan Anda dibagikan di media sosial, ukuran gambar harus menyesuaikan.

Ideal 640px * 480px atau versi kecil 320 * 240, saat dibagikan gambar tidak akan tampak jadi terlalu melebar atau meninggi, sementara ketika tampil di blog pun cukup baik.

Pilihan lain. Tambatkan metadata khusus untuk menetapkan gambar yang berbeda untuk media social. Tentunya bila system blog Anda mendukung fitur ini.

URUTAN PRIORITAS HALAMAN WEB

menulis blog

Dalam penataan, demi penyajian yang baik maka perlu memperhatikan kecenderungan sikap pembaca. Memberikan bagian terbaik di lokasi permulaan yang akan dilihat. Dan juga bagian menarik lainnya menonjol di dalam isi.

F Shape Scanning

Ini adalah pola sikap pembaca, Bekerja layaknya sebuah alat scan. Dalam membaca tulisan berbasis LTR umumnya pembaca akan melakukan scan mulai dari pojok kiri atas ke arah kanan, selanjutnya turun dan mulai melakukan scan ke arah kanan kembali. Begitulah seterusnya.

Dalam disain orang-orang berpedoman dengan ini, sehingga sudah jarang ditemukan widget area atau sidebar di sisi kiri layar.

Hanya bagian penting akan diletakkan pada bagian kanan dan atas.

Sikap ini mengharuskan bagian penting tulisan juga ditempatkan di posisi awal scan pembaca, yaitu mengarah ke pojok kiri atas. Untuk selanjutnya prioritas akan menurun. Maka berikan bagian terbaik pada posisi-posisi awal.

Dapatkan Terus Perhatian Mereka

Pada bagian-bagian yang kurang menarik pembaca akan melompat baris perbaris. Berikan sebuah penahan apabila ini terjadi. Cegat mereka melompati bagian tulisan Anda terlalu banyak.

Disinilah pentingnya memberikan pemisah-pemisah.

Pemisah telah kita ketahui dengan pembagian paragraf yang lebih banyak, heading atau gambar. Dengan menghentikan scrool down yang cepat, kita pancing mereka kembali menjelajah ke arah kanan. Maka penting memberikan bagian-bagian menarik lainnya di tengah tulisan dan membuatnya menonjol.

STRUKTUR BLOG

Setiap platform blog memiliki fitur penetapan struktur, serupa taxonomi pada tubuh. Masing-masing platform mungkin berbeda dari sisi fleksibilitas dan kompleksitasnya dalam menetapkan struktur.

Bagian penting dalam menentukan struktur blog, baik tagging, kategori maupun struktur yang ditambahkan sendiri adalah demi kemudahan pengguna. Mereka bisa menemukan tulisan di blog Anda berdasar pengelompokan.

Banyak pendapat mengatakan, struktur bisa digunakan dalam penargetan kata kunci. Sebagai contoh saat kita berkeliling ke berbagai blog masih menemukan pemilik blog memaksakan banyak kategori untuk sebuah kiriman. Selain kategori mungkin juga dalam pelabelan/ tagging.

Namun pertimbangannya…

Mempersiapkan struktur agar mengandung kata kunci menjadi pilihan yang cukup baik. Fungsi utamanya harus tetap dipertahankan, yaitu mengorganisir tulisan-tulisan yang ada di blog dalam kelompok-kelompok yang tepat.

Kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna harus didahulukan untuk ini.

Pengelompokan post akan menciptakan halaman untuk masing-masing kelompok. Demi meningkatkan kemudahan pengguna, sekaligus peningkatan di mata mesin pencari maksimalkan keberadaan struktur dengan menambahkan breadcrumb pada blog.

PENANGGALAN

Penanggalan adalah metadata yang bisa memberi efek positif sekaligus negatif untuk blog. Namun ini akan bergantung jenis informasi yang termuat di dalam blog.

Untuk jenis tulisan yang mengandung informasi berbatas waktu, beberapa pengguna internet menjadikan tanggal sebagai acuan. Mereka lebih memilih yang terbaru.

Kita bisa melihat beberapa blog mengatasi ini dengan menyembunyikan metadata tanggal, alternatif lainnya mereka menyembunyikan sebagian metadata. Seperti menyembunyikan tahun, bulan atau malah hanya menampilkan jam dan menit.

GAYA PENULISAN DAN STANDAR BAHASA

Gaya penulisan dan standar bahasa di dalam blog cukup bebas. Blog yang ditulis dengan bahasa Indonesia meski tidak berpegang pada EBI maupun EYD tetap dapat diterima.

Terbukti banyak blog kenamaan tidak menggunakan bahasa indonesia yang baku. Cara penyampaian pun tidak menuntut formalitas atau standar baku apapun.

Bagian penting untuk ini adalah konsekwensi. Apabila memilih bahasa gaul dari awal, pergunakanlah selalu di tiap menulis. Begitu juga ketika Anda menulis dengan bahasa formal. Selain itu bahasa apapun dan bagaimana pun penyampaiannya, haruslah dapat dimengerti secara luas.

Pilihan gaya penulisan,  bahasa dan cara penyampaian lainnya akan membentuk persona. Tetapkan satu persona untuk menjadi ciri khas blog. Ini adalah hal yang mampu membuat pembaca mudah mengingat Anda. Persona yang terbentuk haruslah memberi kekaguman.

***

Semoga artikel tentang menulis blog ini bisa bermamfaat. Kami juga menyarankan untuk membaca artikel lainnya terkait persiapan blogging: Persiapan sebelum memulai blogging.  Silahkan bertanya atau memberikan saran melalui kolom komentar.[mk | end]



BIla catatan merupakan artikel panjang, silahkan menggunakan menu paginasi halaman yang tersedia di bagian bawah kolom text reader ini guna mengakses part selanjutnya





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *